Wanita Disebut Lebih Susah Capai 'Klimaks' Dibanding Pria, Harus Bagaimana Dong?

ADVERTISEMENT

Wanita Disebut Lebih Susah Capai 'Klimaks' Dibanding Pria, Harus Bagaimana Dong?

Alethea Pricila - detikHealth
Senin, 10 Okt 2022 21:30 WIB
Close up of female feet in under the sheets.
Foto: Getty Images/iStockphoto/santypan
Jakarta -

Sejumlah pasangan menjajal cara A sampai Z untuk mencapai puncak kenikmatan alias orgasme dalam momen bercinta. Terlebih disebut-sebut, wanita lebih susah mencapai orgasme dibandingkan pria. Lantas umumnya, berapa lama waktu yang diperlukan untuk wanita benar-benar mencapai puncaknya dalam bercinta?

Detak jantung dan pernapasan akan naik saat mencapai orgasme. Setiap orang memiliki tanda dan waktu yang berbeda untuk mencapai klimaks tersebut.

Ahli urologi dan pengajar seksualitas, Rena Malik, menyebut terdapat sebuah penelitian dengan lebih dari 2.000 wanita diberi pertanyaan seputar estimasi waktu mereka mencapai orgasmenya saat bercinta dan mastrubasi.

"Mereka (penelitian) menunjukkan rata-rata waktu untuk mencapai klimaks pada wanita ketika berhubungan seks adalah 14 menit," ucap Malik dikutip dari Men's Health.

"Di sisi lain, ketika mereka (wanita) melakukan mastrubasi sendiri, dibutuhkan waktu sekitar 8 menit," lanjutnya.

Malik menjelaskan kebanyakan wanita membutuhkan stimulasi rangsangan pada klitorisnya untuk mencapai orgasme ketika berhubungan seksual.

Studi tersebut juga menemukan bahwa bagi wanita, seks bukan sekadar mencapai klimaks tetapi tentang membina keintiman dan kepercayaan dengan pasangan. Oleh karena itu, Malik menyebut salah satu cara agar mencapai orgasme adalah mempunyai komunikasi yang baik dengan pasangan.

"Wanita yang lebih tua atau pernah menjalin hubungan dapat mengomunikasikan dengan baik apa yang mereka sukai dan memahami tubuh mereka sehingga mereka akan mencapai orgasme lebih cepat," jelasnya.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(Alethea Pricila/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT