Bapak-bapak Sulit Orgasme Lebih dari Sekali? Mungkin Ini Sebabnya

ADVERTISEMENT

Bapak-bapak Sulit Orgasme Lebih dari Sekali? Mungkin Ini Sebabnya

Nurul Febian Danari - detikHealth
Rabu, 26 Okt 2022 20:30 WIB
Tanda wanita sudah mencapai orgasme
Ilustrasi Orgasme. (Foto: Getty Images/iStockphoto/Denisfilm)
Jakarta -

Sebagian orang mampu bercinta dan orgasme berkali-kali dengan mudah dibandingkan yang lain. Bagi sebagian lainnya mungkin orgasme adalah hal yang cukup sulit didapatkan. Alasannya bisa terjadi secara psikologis maupun biologis.

Berikut beberapa alasan mengapa multi orgasme sulit dicapai:

1. Periode Refraktori yang Panjang

Seiring waktu, periode refraktori pasca ejakulasi seseorang akan bertambah alias lebih lama. Periode refraktori adalah jangka waktu bagi pria berejakulasi hingga ia bisa terangsang kembali.

Dikutip dari Insider, Menurut International Society for Sexual Medicine, periode refrakter dapat terjadi hanya beberapa menit pada pria yang lebih muda, tetapi pria yang lebih tua mungkin memerlukan 12 hingga 24 jam atau bahkan beberapa hari sebelum mereka dapat berejakulasi lagi.

Para ahli belum menemukan penyebab antara varians periode refrakter pada pria pada usia yang sama, tetapi dari penelitian tersebut, mereka telah mengesampingkan potensi dan testosteron sebagai penyebabnya.

2. Hormon Prolaktin

Selain periode refraktori, penyebab lainnya yang mungkin adalah prolaktin. Menurut laporan Scienceline NYU, ejakulasi pria melepaskan norepinefrin, serotonin, oksitosin, vasopresin, oksida nitrat, dan hormon prolaktin.

Prolaktin terkait dengan kepuasan seksual dan semakin banyak yang dilepaskan, semakin lama periode refrakter. Kadar prolaktin lebih tinggi saat tidur, sehingga bisa juga dikatakan sebagai hormon yang menentukan waktu pemulihan bagi pria.

Namun, bukan berarti multi orgasme tidak dapat dicapai. Beberapa dapat orgasme berkali-kali dengan latihan.

Sebuah studi tahun 2016 yang diterbitkan dalam Journal of Sexual Medicine Reviews menemukan ada dua jenis multi orgasme pada pria, yakni multi orgasme sporadis dengan interval antar-orgasme beberapa menit dan multi orgasme padat dengan dua hingga empat orgasme dalam beberapa detik hingga dua menit.

Multi orgasme juga mudah dicapai sebagian pria dengan libido atau dorongan seks yang lebih kuat. Meskipun beberapa orang dengan libido lebih kuat dan mampu bercinta berkali-kali, namun tetap memilih untuk bercinta sekali saja. Libido dapat berubah seiring bertambahnya usia, kesehatan, dan beberapa faktor lain.



Simak Video "Kenali 4 Hormon Bahagia Agar Imun Tubuh Meningkat!"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT