Tak Melulu Bikin Enak, 4 Hal yang Dialami Tubuh jika Terlalu Banyak Bercinta

ADVERTISEMENT

Tak Melulu Bikin Enak, 4 Hal yang Dialami Tubuh jika Terlalu Banyak Bercinta

Alethea Pricila - detikHealth
Minggu, 13 Nov 2022 22:00 WIB
Intimate moment of two lovers in shower, sexual desire and passion, relationship. ilustrasi seks
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/Motortion
Jakarta -

Setiap orang mempunyai definisi yang berbeda-beda mengenai kehidupan seks yang sehat. Buktinya, beberapa orang tidak masalah jika mereka jarang bercinta sedangkan yang lainnya lebih memilih untuk melakukannya lebih sering, misalnya beberapa kali dalam seminggu.

Kondisi ini membuat beberapa orang khawatir adanya kemungkinan mereka melakukan seks terlalu banyak. Nyatanya, seorang ahli obgyn Diana Bitner menyebut pasangan dapat melakukan seks sebanyak mungkin selama mereka masih nyaman untuk bercinta.

"Tidak ada batas jumlah seseorang harus berhubungan seks, tetapi akan muncul masalah fisik yang mungkin membuat Anda sedikit tidak nyaman beberapa hari kemudian," ucapnya dikutip Women's Health Magazine.

Memangnya, masalah fisik apa saja yang bisa terjadi imbas seseorang terlalu banyak berhubungan seks? Dikutip dari Insider, begini penjelasannya:

1. Vagina Kering

Tanda pertama yang akan dirasakan wanita akibat terlalu banyak berhubungan seks adalah kekeringan pada vagina. Jika seseorang merasa kering di vagina, itu bisa jadi sebagai salah satu tanda tubuh telah mengalami kontak atau penetrasi yang terlalu lama. Akibatnya, mungkin timbul rasa sakit pada area vagina saat berhubungan seks lagi.

2. Infeksi Vagina

Pakar kesehatan wanita dari Santa Monica, California Sherry Ross menyebut semakin banyak seks yang dilakukan dalam waktu yang berdekatan, semakin rendah kabar kelembapan vagina. Wahasil, timbul rasa sakit ketika berhubungan seksual.

Ia juga menambahkan terlalu banyak berhubungan seks dapat menyebabkan iritasi, lecet, atau ruam pada kulit luar di sekitar vulva, dan labia bisa membesar dan bengkak.

3. Infeksi Saluran Kemih

Efek samping lainnya dari terlalu banyak berhubungan seks adalah peningkatan risiko infeksi kandung kemih dan vagina. Cairan tubuh dapat merusak pH alami vagina sehingga lebih rentan terjadi infeksi. Oleh karena itu disarankan untuk buang air kecil sebelum dan sesudah berhubungan seks agar kesehatan vagina tetap terjaga.

"Itu dikombinasikan dengan terlalu banyak gesekan dari seks dapat meningkatkan kemungkinan bakteri dari vagina dan anus masuk ke kandung kemih, menyebabkan infeksi saluran kemih," ucap Bitner.

4. Iritasi Penis

Seorang asisten profesor urologi klinis dari Icahn School of Medicine di New York menyebut, pria ejakulasi sebanyak 8 hingga 10 kali dapat mengalami rasa sakit dan tidak nyaman ketika berhubungan seksual. Meski begitu, ia menyebut seiring berjalannya waktu, tubuh akan menyesuaikan diri dengan sendirinya.



Simak Video "WHO Soroti Hal Ini Terkait Ancaman Cacar Monyet yang Kian Serius"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT