Susah Puas Bercinta dengan Pasangan? Tenang Dulu, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

ADVERTISEMENT

Susah Puas Bercinta dengan Pasangan? Tenang Dulu, Bisa Jadi Ini Penyebabnya

Nurul Febian Danari - detikHealth
Minggu, 13 Nov 2022 19:17 WIB
Close up of female feet in under the sheets.
Foto ilustrasi: Getty Images/iStockphoto/santypan
Jakarta -

Aktivitas bercinta tak melulu perihal rasa enak dan nyaman. Di samping itu, hubungan seks yang berkualitas juga bisa membuat hubungan lebih hangat dan erat. Lantas jika tak merasa lagi puas dari seks dengan pasangan, harus bagaimana agar tak malah bikin hubungan renggang?

Dikutip dari Mindbodygreen, ketika kehidupan seksual buruk, akan berakibat pada hubungan yang merenggang. Bukan karena pasangan yang tidak cocok, tetapi mengabaikan masalah seksual bukanlah suatu masalah yang sepele.

Ketidakpuasan dan kekecewaan pada hubungan seksual yang tidak dibicarakan akan berakibat pada masalah jangka panjang dalam hubungan, bahkan dapat berisiko menyebabkan disfungsi seksual.

Tanda-tanda Hubungan Seksual Tak Sehat

Berikut beberapa tanda hubungan seksual yang buruk dan perlu diperbaiki segera.

1. Menginginkan 'Lebih' tapi Malu-malu Mengatakannya

Ini adalah tanda pertama, namun bukan berarti sesuatu yang salah. Tetapi, perasaan ini akan terus menggangu dan ini akan memperburuk hubungan bila terjadi dalam jangka panjang.

Ketika perasaan 'ingin lebih' saat bercinta atau aktivitas intim lainnya muncul, komunikasikan pada pasangan. Dorongan seksual yang tinggi bukanlah sesuatu masalah. Pasangan akan saling melengkapi dengan memenuhi kebutuhan satu sama lain.

Pakar pernikahan dan keluarga asal Chicago, Bianca L Rodriguez mengatakan bahwa tidak ada cara yang salah dalam mengekspresikan seks.

"Mengetahui hal ini dapat mempermudah untuk berbicara dengan pasangan tentang kehidupan seks karena dapat mengurangi penilaian yang mungkin dimiliki tentang pasangan atau diri sendiri," kata Bianca, dikutip dari Insider, Minggu (13/11/2022).

2. Merasa Diabaikan

Ketika pria terhubung secara seksual dan dihargai oleh pasangan, ia akan muncul perasaan ingin selalu memberikan segalanya. Tetapi, perasaan ingin selalu membantu dan memberikan apa yang diinginkan akan luntur ketika ia merasa ditolak, dikritik, dan tidak dihargai, terutama secara seksual.

Ini adalah alarm penting yang bukan berarti rasa sayang dan cintanya berkurang. Hanya saja, kesehatan suatu hubungan adalah tanggung jawab bersama. Lagi-lagi, komunikasi dibutuhkan dan disampaikan dengan cara yang baik.

"Anda ingin menjadi dialog terbuka tentang seks daripada kritik pribadi terhadap pasangan. Pastikan untuk mengatakan apa yang diinginkan untuk menjadi berbeda dalam konteks sesuatu yang positif. Ini berguna karena lebih mudah bagi seseorang untuk mendengar sesuatu yang diinginkan daripada yang tidak," kata Psikolog asal AS, Dr. Rebekah Montgomery.



Simak Video "WHO Soroti Hal Ini Terkait Ancaman Cacar Monyet yang Kian Serius"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT