Harus Seberapa Sering Sih Bercinta Biar Hubungan Makin Adem? Begini Kata Terapis

ADVERTISEMENT

Harus Seberapa Sering Sih Bercinta Biar Hubungan Makin Adem? Begini Kata Terapis

Alethea Pricila - detikHealth
Sabtu, 03 Des 2022 22:00 WIB
Shot of a couple lying under a blanket with hearts scattered on the bed
Ternyata segini frekuensi bercinta agar hubungan makin adem. (Foto ilustrasi: Getty Images/PeopleImages)
Jakarta -

Setiap pasangan mempunyai kebiasaannya sendiri dalam berkehidupan, termasuk perihal kehidupan seksual. Tak heran, sejumlah pasangan memiliki 'jadwal' tersendiri untuk berhubungan seks. Pasalnya, bercinta kerap menjadi cara mereka untuk menghabiskan waktu seusai melakukan kesibukan agar hubungan tetap terjaga.

Tak sedikit juga pasangan bertanya-tanya, sebenarnya harus seberapa sih aktivitas seks dijalankan demi menjaga kerekatan hubungan? Nyatanya, tidak ada jawaban yang tepat mengenai pertanyaan ini karena hal tersebut bersifat subjektif.

"Meskipun mungkin ada seks 'terlalu sedikit' atau 'terlalu banyak', itu benar-benar subjektif dan tergantung pada pasangan," ucap Christene Lozano, seorang terapis seks dikutip dari Insider, Sabtu (3/12/2022).

Walau frekuensi dan intensitas bercinta yang dilakukan pasangan tergantung pada beberapa kondisi, beberapa penelitian telah menemukan rata-rata pasangan berhubungan seks setiap tahunnya. Dikutip dari Insider, studi pada 2017 yang diterbitkan dalam Archive of Sexual Behavior telah mempelajari perilaku seksual lebih dari 26.000 orang sejak 1989 hingga 2014.

Studi tersebut menunjukkan bahwa rata-rata orang dewasa akan melakukan hubungan seks sebanyak 54 kali dalam setahun atau sekitar sekali seminggu. Tak hanya itu, studi ini juga menyebut pasangan suami istri akan bercinta sebanyak 51 kali dalam satu tahun.

Frekuensi ini akan mengalami perubahan seiring bertambahnya usia. Pada pasangan yang berusia 20-an biasanya dapat berhubungan hingga 80 kali setahun. Sedangkan mereka berusia sudah 60 tahun ke atas umumnya berhubungan sebanyak 20 kali selama satu tahun.



Simak Video "Populasi Menurun dalam 60 Tahun, Generasi Muda China Enggan Berkeluarga"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT