Hati-hati! Ini Lho Sederet Penyakit yang Bisa Menular Lewat Seks Oral

ADVERTISEMENT

Hati-hati! Ini Lho Sederet Penyakit yang Bisa Menular Lewat Seks Oral

Alethea Pricila - detikHealth
Selasa, 06 Des 2022 20:30 WIB
yellow banana and the hand in the white background
Ilustrasi oral seks (Foto: iStock)
Jakarta -

Seks oral merupakan suatu cara untuk merangsang alat kelamin dengan bantuan mulut dan lidah. Selain bisa mendongkrak gairah seksual, sejumlah pasangan meyakini aktivitas seks ini bisa memunculkan sensasi kenikmatan baru bersama pasangan.

Namun di samping efek nikmatnya, seks oral juga dapat menjadi salah satu cara penyebaran penyakit. Dikutip dari National Health Service (NHS) Inggris, kegiatan seks ini dapat menjadi salah satu jalur penularan Infeksi Menular Seksual (IMS). Penularan IMS ini dapat terjadi pada mereka yang hanya memiliki satu pasangan. Artinya, jika seseorang bergonta-ganti pasangan, semakin besar risiko terkena infeksi ini.

Berikut penyakit yang dapat ditularkan melalui oral seks:

  • Gonore
  • Herpes
  • Sipilis
  • Virus papiloma manusia (HPV)

Gejala IMS bervariasi tergantung pada jenis infeksi. Namun, sebagian besar IMS dapat diobati jika terdeteksi cukup dini. Jika tidak diobati, IMS tidak hanya membuat tidak nyaman tetapi juga dapat berdampak serius pada kesehatan dan kesuburan seseorang terutama wanita.

Oleh karena itu, dikutip dari Times of India, seorang ahli dalam hubungan seksual Dr Rajan Bhonsle menyebut salah satu cara yang dapat dilakukan agar mencegah terjadinya IMS adalah dengan membersihkan organ reproduksi mereka sebelum dan sesudah melakukan bercinta. Ia juga mengingatkan untuk sesegera mungkin membersihkan tubuh agar terhindar dari infeksi lainnya.



Simak Video "Apa Bahayanya Stimulasi Oral pada Aktifitas Seksual?"
[Gambas:Video 20detik]
(Alethea Pricila/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT