Ada Banyak Variasi, Inikah Ciri-ciri Warna Puting Payudara Normal?

ADVERTISEMENT

Ada Banyak Variasi, Inikah Ciri-ciri Warna Puting Payudara Normal?

Fadilla Namira - detikHealth
Kamis, 08 Des 2022 21:30 WIB
Ilustrasi payudara
Ilustrasi payudara. (Foto: Getty Images/iStockphoto/PORNCHAI SODA)
Jakarta -

Mungkin pada wanita sering muncul pertanyaan apakah warna payudara yang dimilikinya tergolong normal atau tidak. Masalah ini kerap kali membuat mereka khawatir karena terbayang tanda-tanda penyakit payudara berbahaya.

Pada kenyataannya, memang tidak semua wanita memiliki bentuk atau warna payudara yang serupa. Tergantung pada warna kulit, warna puting bisa berkisar dari merah muda pucat hingga coklat tua. Terlebih, bentuknya tersebut akan berubah seiring penambahan usia.

"Warna puting atau areola dapat bervariasi dari orang ke orang, tetapi antara merah muda hingga coklat tua dianggap normal," kata dr Bindiya Kukreja, pakar ginekologi asal New Delhi, India.

Menurutnya, warna puting bisa berubah karena fluktuasi hormonal dalam tubuh. Pun beberapa wanita akan merasa putingnya semakin gelap saat hamil. Namun, hal tersebut tergolong sangat wajar dan tidak perlu diobati dengan perawatan khusus.

Selain kehamilan, penyebab warna puting berubah adalah:

  • Operasi payudara
  • Menyusui
  • Siklus menstruasi dan menopause

Bentuk puting yang normal juga akan berubah bila ada rangsangan seksual atau wanita merasa gugup. Jika diraba, teksturnya bisa mengeras dan menonjol seperti kancing. Di sisi lain, ada pula bentuk puting yang menjorok masuk ke dalam sehingga terlihat seperti celah.

Jadi, tak perlu repot-repot mengubah bentuknya agar terlihat sama dengan wanita lain. Cukup sayangi diri apa adanya sudah menjadi cara terbaik menerima penampilan tubuh.

Akan tetapi, jika bentuk payudara dirasa mengganggu atau timbul rasa sakit tanpa sebab segera periksakan ke dokter guna memastikan alasan yang tepat dibalik kondisi tersebut.



Simak Video "99% Warga RI Kebal Covid-19, Kemenkes: Kuncinya Kelengkapan Vaksin"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT