Ladies! Tak Perlu Khawatir, 5 Bau Miss V Ini Ternyata Normal

ADVERTISEMENT

Ladies! Tak Perlu Khawatir, 5 Bau Miss V Ini Ternyata Normal

Alethea Pricilla - detikHealth
Jumat, 23 Des 2022 22:00 WIB
ilustrasi vagina
Bau-bau vagina normal. )Foto: ilustrasi/thinkstock)
Jakarta -

Semua vagina secara alami menghasilkan aroma. Bau yang dipancarkan oleh vagina menandakan kehidupan wanita tersebut mulai dari gaya hidup, aktivitas, dan kesehatan. Bau vagina ini akan semakin intens sepanjang siklus menstruasi. Tak hanya itu, vagina juga mengeluarkan bau yang kuat setelah berhubungan seks atau berolahraga,

Meski begitu, aroma yang muncul dari vagina merupakan hal normal karena bergantung pada tingkat pH vagina. Dikutip dari Cleveland Clinic, bau ini juga terjadi karena adanya berbagai jenis bakteri dalam vagina yang berfungsi untuk menjaga keseimbangan dengan tingkat keasaman (pH) yang tepat.

Jenis Bau Vagina

1. Bau Seperti Ragi

Bau vagina yang sedikit asam atau tajam merupakan tanda bahwa tingkat pH pada vagina sedikit lebih asam dari biasanya. Bau ini terkait dengan bakteri baik di vagina yang disebut lactobacilli. Biasanya banyak orang akan menggambarkan baunya seperti ragi atau roti.

2. Bau Manis

Vagina yang tercium seperti bau manis atau pahit mirip tebu atau roti jahe menandakan bahwa pH sedang berubah. Meski begitu, tidak perlu khawatir bau ini masih dianggap normal.

3. Bau Logam atau Tembaga

Bau logam yang dihasilkan vagina biasanya terjadi ketika seorang wanita sedang mengalami keputihan. Bau ini juga akan tercium ketika sedang menstruasi yang tercium seperti uang tembaga. Ini terjadi karena darah haid mengandung zat besi.

4. Bau Amonia

Bau ini biasanya tercium seperti bau gas tajam yang khas. Bau ini merupakan tanda adanya residu urine di alat kelamin atau vulva atau menandakan seorang mengalami dehidrasi.

5. Bau Keringat

Ketika seorang wanita sedang stres dan mengeluarkan banyak keringat. Aroma vagina juga akan tercium seperti bau keringat.

Tak perlu khawatir, bau vagina bersifat sementara dan hilang dengan sendirinya. Ini terkait dengan perubahan hormon atau diet yang dilakukan. Namun jika merasa bau vagina sudah berbeda dan menunjukkan gejala kesehatan lainnya disarankan segera melakukan pemeriksaan medis.



Simak Video "Kembali Bak Perawan dalam 30 Menit!"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT