Mengenal 'Dry Orgasm', Mungkinkah Klimaks Tanpa Keluar Sperma?

ADVERTISEMENT

Mengenal 'Dry Orgasm', Mungkinkah Klimaks Tanpa Keluar Sperma?

Irene Putri Wibowo - detikHealth
Selasa, 27 Des 2022 19:31 WIB
ilustrasi sperma
Ilustrasi sperma (Foto: iStock)
Jakarta -

Banyak pasangan meyakini bahwa orgasme berawal mula dari proses ejakulasi. Nyatanya, tidak semua orgasme tercipta melalui ejakulasi.

Dalam sebuah kasus, Tanner (43) seorang pria asal Texas mengaku pernah mengalami orgasme tanpa ejakulasi, bahkan tidak ada air mani yang keluar dari penisnya. Hal ini dikenal sebagai orgasme kering.

Dikutip dari Mens Health, Sarah Melancon, seorang seksolog klinis mengatakan bahwa jika seorang pria mengalami orgasme kering, ia akan merasakan sensasi kenikmatan orgasme namun dibarengi dengan tidak keluarnya air mani.

Kasus yang dialami Tranner, disebabkan oleh ejakulasi retrograde. Proses saat air mani masuk kembali ke dalam kandung kemih meski sedang orgasme.

Penyebab orgasme kering

Orgasme kering dapat terjadi karena tubuh tidak menghasilkan air mani yang cukup. Sehingga memungkinkan pria tersebut mengalami orgasme kering.

Terkadang orgasme kering dapat mengarah ke masalah saraf atau pembuluh darah, lantaran kondisi kesehatan seperti diabetes, multiple sclerosis atau cedera tulang belakang.

Sedangkan pakar seksolog lain menyebutkan bahwa orgasme kering dapat terjadi akibat proses radioterapi, biasanya digunakan untuk mengobati kanker prostat, operasi untuk mengobati kanker testis, penyumbatan saluran sperma, hingga defisiensi testosteron.

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT