Sering Bikin Penasaran, Berapa Cm Sih Ukuran Kedalaman Miss V?

ADVERTISEMENT

Sering Bikin Penasaran, Berapa Cm Sih Ukuran Kedalaman Miss V?

Irene Putri - detikHealth
Rabu, 28 Des 2022 19:30 WIB
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background
Ilustrasi vagina. (Foto: iStock)
Jakarta -

Sebagai salah satu area sensitif di tubuh wanita, kebersihan area vagina jelas perlu diperhatikan. Seiring itu, yang kerap juga menjadi pertanyaan, seberapa dalam sih sebenarnya ukuran vagina?

Dikutip dari Medical News Today, sebuah penelitian menyebut kedalaman vagina rata-rata 9,6 sentimeter. Namun ada juga yang mengatakan, rata-rata wanita memiliki vagina dengan kedalaman sekitar 7,6-17,7 sentimeter. Mana yang benar?

Rata-rata Kedalaman Vagina

Dalam sebuah laporan dari An International Journal of Obstetrics and Gynecology disebutkan, kebanyakan wanita memiliki vagina dengan kedalaman hingga 9,6 sentimeter. Namun yang juga perlu digarisbawahi, setiap vagina memiliki kedalaman yang bervariasi.

Di sisi lain, ada juga yang menyebut kedalaman vagina (dari lubang hingga ujung leher rahim) bisa mencapai 17,7 sentimeter.

Vagina dilapisi dengan beberapa jenis jaringan, salah satunya mukosa. Mukosa terdiri dari sel-sel khusus yang berfungsi untuk mengeluarkan cairan pelumas, untuk membantu dinding vagina meregang.

Sedangkan bagian vulva, cenderung berwarna lebih gelap daripada bagian lainnya. Bagian lainnya seperti labia mayora (bibir luar vagina) memiliki panjang 7 hingga 12 sentimeter.

Juga diketahui, pada situasi tertentu, kedalaman vagina dapat berubah. Vagina dapat meregang saat terangsang, karena aliran darah lebih banyak mengalir.

Hal tersebut menyebabkan vagina memanjang hingga sedikit terangkat. Adapun klitoris juga dapat membengkak dan membesar terutama saat wanita terangsang.

(vyp/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT