Apakah Kedalaman Vagina Berpengaruh pada Kenikmatan Bercinta? Begini Kata Pakar

ADVERTISEMENT

Apakah Kedalaman Vagina Berpengaruh pada Kenikmatan Bercinta? Begini Kata Pakar

Irene Putri - detikHealth
Sabtu, 31 Des 2022 21:00 WIB
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background
(Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Tak sedikit yang bertanya-tanya, sebenarnya sedalam apa sih ukuran vagina? Benarkah ukuran kedalaman vagina bisa mempengaruhi tingkat kenikmatan aktivitas seks?

Beberapa pakar mengatakan bahwa rata-rata kedalaman vagina berkisar dari 7 hingga 10 cm. Namun, saluran vagina sangat fleksibel dan kedalamannya tidak menentu.

Pasalnya, kedalaman vagina di setiap wanita bisa dipengaruhi oleh gairah seksual, kehamilan, persalinan, hingga menopause.

Seberapa dalam vagina wanita?

Sebuah studi pada 2005 menyebutkan bahwa rata-rata kedalaman vagina adalah 9,6 cm. Meski begitu, ukuran tersebut tidak dapat menjadi patokan lantaran setiap wanita memiliki kedalaman vagina yang berbeda.

Di samping itu, vagina memiliki kemampuan untuk meregang saat terangsang secara seksual. Hal ini berfungsi untuk menampung penis.

Seorang ginekolog di Elite GYN Care of the Palm Beaches sekaligus ketua American College of Obstetricians and Gynecologists (ACOG), Maureen Whelihan, mengatakan bahwa vagina juga dapat meregang hingga 15,24 cm saat melahirkan. Hal ini berfungsi untuk mengakomodasi kepala dan bahu bayi.

Apa pengaruhnya kedalaman vagina dengan bercinta?

Banyak pasangan yang berpikir bahwa kedalaman vagina berpengaruh pada kenikmatan aktivitas seksual. Mereka beranggapan, semakin dalam vagina, semakin nikmat aktivitas seks.

Namun, hingga kini belum ada bukti atau penelitian terkait hubungan kedalaman vagina dengan kepuasan hubungan seksual.

"Kebanyakan wanita terangsang dari klitoris dari panjang vagina," ujar Harmanli, MD, kepala dari Yale Medicine Urogynecology and Reconstructive Pelvic Surgery dan profesor di Fakultas Kedokteran Yale dikutip dari Insider.



Simak Video "Mengenal Teknologi Chip 'Vagina': Fungsi hingga Cara Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT