Miss V Gampang 'Becek' Bukan Cuma Saat Bercinta, Normal Nggak Sih?

ADVERTISEMENT

Miss V Gampang 'Becek' Bukan Cuma Saat Bercinta, Normal Nggak Sih?

Alethea Pricila - detikHealth
Sabtu, 14 Jan 2023 22:00 WIB
Concept sex, masturbation. Hand, fingers in grapefruit, vagina symbol on a red background
Alasan Miss V yang sering basah tak hanya saat bercinta. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Banyak wanita menganggap vagina basah merupakan tanda menjelang aktivitas seksual. Faktanya, vagina akan terlumasi secara teratur dan alami. Walhasil di luar aktivitas bercinta pun, vagina bisa tetap bisa basah saat berkegiatan sehari-hari.

Cairan tersebut merupakan lendir serviks yang dikeluarkan dari vagina ketika aliran darah sedang tinggi. Dikutip dari Health Shots, vagina yang basah menandakan bahwa terlumasi dengan baik. Kebasahan dan kelembapan pada vagina bergantung pada beberapa hal, khususnya kadar dan fluktuasi hormon. Meski begitu, memproduksi cairan dalam jumlah berlebihan dapat mengindikasikan tanda-tanda infeksi vagina.

4 Alasan Vagina Basah

1. Perubahan Hormon

Tingkat estrogen dalam tubuh yang lebih tinggi bisa meningkatkan kebasahan vagina. Ini menyebabkan kelenjar bartholin memproduksi lebih banyak cairan. Mereka yang sedang menjalani perawatan hormon atau terapi hormon lainnya kemungkinan akan mengalami peningkatan terhadap kebasahan vagina.

2. Cairan Vagina Sehari-hari

Vagina yang normal dan sehat dan sedikit lembap. Dikutip dari Medical News Today, rata-rata wanita menghasilkan 1-4 mililiter cairan dalam sehari. Dokter kandungan dan ginekolog Jen Gunter juga menyebut cairan vagina yang sangat banyak dan kental berisi sekitar 1 ml.

Jumlah cairan yang dikeluarkan bisa berbeda dari setiap harinya. Kelenjar bartholin dan serviks yang menghasilkan berbagai cairan juga dapat berubah seiring waktu. Saat masa ovulasi mendekat, wanita akan mengalami lebih banyak kebasahan vagina karena rahim meningkatkan produksi cairan.



Simak Video "Mengenal Teknologi Chip 'Vagina': Fungsi hingga Cara Kerja"
[Gambas:Video 20detik]

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT