Kamis, 12 Mar 2015 15:34 WIB

Kisah Aiden, Bayi yang Jantungnya Hanya Setengah karena Kondisi Langka

- detikHealth
Illustrasi: Thinkstock Illustrasi: Thinkstock
Texas - Ketika Jenny Rodgers (33) pergi menemui dokter untuk pemeriksaan rutin kandungannya, awalnya ia mengira akan mendapatkan hasil normal seperti biasa. Tak ada yang menyangka pemeriksaan USG menunjukkan bahwa jantung sebelah kiri anaknya tidak berkembang sempurna.

Rodgers sangat terkejut mendengar diagnosa anaknya yang belum lahir itu. Kandungannya yang sudah berusia 20 minggu tak pernah ada komplikasi dan tiba-tiba muncul kabar kemungkinan anaknya bertahan hidup berkurang.

"Ketika Anda berbicara anak Anda sendiri, 85 persen adalah angka yang buruk," ujar Rodgers kepada Fox News dan dikutip pada Kamis (12/3/2015).

"Kami masih beruntung karena kondisi ini banyak yang tak terdeteksi dini. Banyak bayi yang dibawa ibunya pulang setelah dua hari akan mengalami masalah, berubah pucat, sulit makan, dan alami serangan jantung," lanjutnya.

Baca juga: Bayi Meninggal Karena Kelainan Jantung, Apakah Ini Keturunan?

Anak Rodgers yang dinamai Aiden didiagnosa alami hypoplastic left heart syndrome (HLHS), suatu kondisi yang terjadi hanya pada 1 di antara 6.000 kelahiran dan belum diketahui penyebabnya. Jantung sebelah kiri Aiden yang bertanggung jawab memompa darah beroksigen ke seluruh tubuh tak terbentuk sehingga jantung sebelah kanan harus bekerja ekstra keras memompa darah.

Dr Nancy Ayres dari Texas Children’s Hospital menangani kasus Aiden dan mengatakan bahwa intervensi harus secepatnya dilakukan setelah persalinan. Ketika tali pusar dipotong dan ibu tak lagi bernapas untuk bayinya, saat itulah jantung dan paru-paru Aiden diuji.

"Hasil terbaik untuk persalinan bayi HLHS harus dilakukan di pusat kesehatan yang bisa memberikan prosedur darurat segera saat bayi keluar dari rahim ke struktur dunia. Itu adalah saat genting untuk hidup bayi dengan HLHS," ungkap Ayres.

Aiden lahir 19 Mei 2014 lalu dan menjalani operasi rekonstruksi jantung ketika umurnya masih empat hari. Ia dijadwalkan untuk melakukan operasi lanjutan pada umur dua atau tiga tahun tergantung dari kondisinya. Jika jantung Aiden tak menunjukkan tanda-tanda yang bagus maka transplantasi adalah pilihan terakhir.

Baca juga: Bayi Berjuang Hidup Karena Lahir dengan Jantung Separuh

(fds/vta)