ADVERTISEMENT

Selasa, 15 Des 2015 16:00 WIB

True Story

Ollie Trezise, Balita yang Terlahir dengan Hidung Seperti Pinocchio

Nurvita Indarini - detikHealth
Foto: Facebook HotSpot Media
Jakarta - Penampilan Ollie Trezise yang begitu berbeda dari anak-anak lainnya sering kali melahirkan tatapan-tatapan aneh orang yang melihatnya. Bahkan ada pula yang mengatakan bocah itu buruk rupa dan tak seharusnya dilahirkan lantaran memiliki hidung yang begitu menonjol seperti karakter Disney, Pinocchio.

Sikap negatif orang-orang pada Ollie tentu membuat ibunya, Amy Poole (22), sedih. Lagipula siapa sih yang mau dilahirkan dengan kondisi seperti itu? Semua orang tentu berharap lahir dengan kesempurnaan dan kenormalan.

Bagi Amy, lebih baik menanyakan kepadanya secara langsung apa yang membuat Ollie memiliki hidung seperti Pinocchio ketimbang memberi tatapan aneh dan melecehkan. Amy sendiri tetap bangga dan menerima kehadiran Ollie apa adanya. Sebagai seorang ibu, dirinya hanya bisa terus memberi support kepada anak yang saat ini berusia 21 bulan itu agar tumbuh sebagai sosok yang percaya diri.

Baca juga: Terlahir dengan Hidung Badut, Tak Tahunya Tumor

Kejanggalan pada hidung Ollie sebenarnya sudah diketahui sejak kehamilannya berusia 20 minggu. Dari scan, dokter memberi tahu bahwa ada ada jaringan lunak yang tumbuh di wajah sang janin. Ketika bayi itu lahir, Amy tetap saja kaget dibuatnya.

"Ketika mereka memberikan Ollie pada saya, saya sangat terkejut dan hampir tidak bisa berbicara," kata Amy mengenang saat pertama kali melihat bayinya. Kala itu dia melahirkan di Cardiff University Hospital pada Februari 2014.

Menurut Amy, Ollie yang baru saja lahir tampak sangat kecil dengan benjolan di hidung yang ukurannya sebesar bola golf. Scan MRI yang dilakukan selanjutnya menunjukkan bahwa benjolan itu adalah encephalocele akibat gangguan penutupan tabung saraf.

Seiring dengan perkembangan badan Ollie, benjolan di hidungnya juga ikut membesar. Demikian dikabarkan beberapa media di Inggris seperti Daily Mail dan Mirror, mengutip dari HotSpot Media, Kamis (5/12/2015).

Agar pernapasan Ollie tidak terganggu, maka perlu dilakukan operasi untuk membuka rongga hidungnya. Awalnya Amy begitu khawatir saat anaknya yang masih demikian kecil menjalani operasi besar. Tapi jika tidak dioperasi, menurut penjelasan dokter, akan membuat Ollie berisiko tertular infeksi dan bahkan bisa terkena meningitis.

Baca juga: Nenek Berjuluk 'Pinocchio', Ternyata Ada Tumor Ganas di Hidung Panjangnya

Akhirnya, di bulan November 2014 Ollie sukses menjalani operasi yang digelar selama dua jam di Rumah Sakit Anak Birmingham. Dalam operasi, dokter membuka tengkorak Ollie untuk menghilangkan kantung yang berisi kelebihan cairan otak dan memperbaiki kondisi hidungnya.

Operasi tersebut meninggalkan jaringan parut yang besar di kepala Ollie. "Dia pasti sangat kesakitan tapi dia tetap tersenyum dan tertawa," ucap Amy.

Kini kondisi Ollie sudah lebih baik. Namun di kemudian hari, Ollie memerlukan operasi lanjutan. Saat ini dokter sedang menunggu perkembangan tengkorak Ollie.

"Kasus Ollie benar-benar sangat langka. Saya menemukan mungkin hanya satu dalam setahun," ujar Martin Evans dari Birmingham Children's Hospital.

Saat ini yang dilakukan Ollie adalah menjalani check-up secara reguler. Sang ibu berharap kondisi anaknya akan lebih baik. "Ollie mungkin tidak akan pernah terlihat seperti anak-anak lainnya dan saya takut dia akan di-bully di sekolah," kata Amy menyampaikan kekhawatiran.

Tapi Ami menyadari benar bahwa tidak ada yang salah jika seseorang terlahir berbeda. Apalagi Ollie adalah anak yang lucu, pintar dan unik. "Dia adalah Pinocchio kecil saya yang istimewa. Saya tidak akan pernah berhenti mencintainya," imbuh Amy.

(vit/rdn)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT