Rabu, 01 Mar 2017 20:10 WIB

True Story

Meski Tulangnya Rentan Patah, Bocah Ini Dididik Mandiri

Firdaus Anwar - detikHealth
Foto: Firdaus Anwar
Jakarta - Devanno Emmanuel adalah seorang bocah laki-laki berusia 6 tahun penyandang kondisi genetik langka Osteogensis Imperfecta (OI) yang membuat seluruh tulang di tubuhnya rapuh dan rentan patah. Sang ibu, Diana Lestiawati (37), mengatakan sudah sekitar 20 kali tulang-tulang Devanno pernah patah.

"Terakhir dia lagi main lompat-lompatan terus nggak sengaja kakinya ngincek remote TV, patah. Sampai sekarang ini masih diperban," ungkap Diana ketika ditemui detikHealth pada peringatan hari Penyakit Langka Sedunia di Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo, Salemba, Jakarta Pusat, dan ditulis pada Rabu (1/2/2017).

Baca juga: Kisah Diana dan Devanno, Ibu dan Anak yang Kena Osteogenesis Imperfecta

Meski Devanno harus menjalani hidupnya dengan kondisi tersebut, Dianna mengaku tidak memberi perlakuan spesial. Ia tetap mendorong Devanno untuk bisa mandiri sambil tetap mengawasi pengobatannya agar OI memengaruhi Devanno seminimal mungkin.

"Saya tidak melihat anak saya sebagai anak dengan kecacatan. Saya perlakukan dia biasa saja. 'Apa yang orang lain bisa kamu juga bisa. Masa orang lain bisa kamu nggak,'" kata Diana yang juga diketahui memiliki OI.

Setiap lima bulan sekali Devanno memang dijadwalkan menerima obat infus di RSCM untuk mejaga kepadatan tulangnya. Selain itu kandungan vitamin D dan kalsium Devanno juga selalu dimonitor agar selalu tercukupi.

Diana sendiri bercerita tak alami masalah serius ketika mengandung Devanno. Hanya saja ketika melahirkan harus melalui operasi caesar karena tubuhnya yang juga terpengaruh OI tidak mampu menahan beban persalinan.

Baca juga: Cara Tepat Menangani Anak yang Didiagnosis Osteogenesis Imperfecta (fds/vit)