Jumat, 18 Mei 2018 11:01 WIB

5 Kali Lakukan Transplantasi Ginjal, Begini Hidup Pria Ini Sekarang

Widiya Wiyanti - detikHealth
Seorang pria jalani transplantasi ginjal sebanyak 5 kali, saat ini bisa hidup sehat. Foto: Ilustrasi/thinkstock Seorang pria jalani transplantasi ginjal sebanyak 5 kali, saat ini bisa hidup sehat. Foto: Ilustrasi/thinkstock
Jakarta - Darren Ferguson (37) asal Inggris telah melakukan lima kali transplantasi ginjal hingga saat ini. Ia terlahir dengan ginjal tersumbat dan didiagnosis gagal ginjal tahap lima kronis.

Ia menjalani transplantasi ginjal pertamanya saat berusia lima tahun, kemudian di usia 6 tahun, dan yang ketiga saat usianya 21 tahun. Selang tiga tahun kemudian saat usianya 24 tahun, Darren menjalani transplantasi ginjal yang keempat. Dan yang kelima pada tahun 2011 lalu.

Darren harus rutin melakukan hemodialisis atau yang kerap disebut cuci darah tiga kali sehari. Bahkan ia mengatakan bisa tetap hidup berkat adanya mesin dialisis yang mengeluarkan racun dari darahnya.

"Saya tidak yakin berapa banyak ginjal yang saya miliki di dalam diri saya. Yang saya tahu ketika saya melakukan transplantasi terakhir saya, mereka sedang berbicara tentang di mana mereka akan meletakkannya," ujarnya dikutip dari Daily Mail.


Ia menghabiskan seluruh hidupnya untuk mendapatkan perawatan intensif karena memiliki potensi yang sangat berbahaya. Namun dengan kemajuan teknologi medis, Darren bisa mendapatkan perawatan di rumah.

Saat usianya 21 tahun, Darren memutuskan untuk menikahi seorang wanita yang berprofesi sebagai penata rias profesional. Beruntungnya, sang istri, Amanda menerima segala keadaan dan kekurangan Darren.

"Sebelum kita menikah, saya berkata 'ini adalah kondisiku, aku tidak tahu berapa lama aku akan bertahan'. Tapi wanita gila itu masih mau menikah dengan saya," tuturnya.

Namun suatu saat, ketika kondisi Darren mulai memburuk, Darren divonis tidak bisa memiliki keturunan karena ginjalnya sudah tidak berfungsi lagi.

"Para dokter mengatakan bahwa saya tidak mungkin punya anak... Mereka berkata 'dengan kondisi medis seperti ini, Anda tidak mungkin bisa memiliki anak secara alami'," cerita Darren.


Ajaibnya kemudian istrinya, Amanda hamil dan melahirkan anak yang cantik pada Juni 2014. Bahkan saat ini mereka sudah memiliki dua putri cantik, Imani yang berusia tiga tahun, dan Briella berusia dua tahun.

"Kami memiliki dua anak cantik secara alami, mereka adalah berkah," kata Darren.

Meskipun dijuluki 'Robocop' oleh keluarganya karena ia membutuhkan banyak peralatan untuk tetap hidup. Saat ini kehidupan Darren jauh lebih baik daripada sebelumnya.

"Kehidupan yang saya jalani sekarang jauh berbeda dari sebelumnya. Saya sekarang memiliki kebebasan untuk melakukan apa yang ingin saya lakukan. Saya jauh lebih bugar, lebih sehat, dan bisa berkeliling dunia," tutupnya.



(wdw/up)