Rabu, 28 Nov 2018 19:55 WIB

Indro Warkop Blak-blakan Soal Perjuangan Istri Melawan Kanker Paru

Kireina S. Cahyani - detikHealth
Indro Warkop mengaku hingga akhir hayat istrinya mendapat perawatan medis yang baik. (Foto: Muhammad Ridho/detikFoto) Indro Warkop mengaku hingga akhir hayat istrinya mendapat perawatan medis yang baik. (Foto: Muhammad Ridho/detikFoto)
Jakarta -
Belum lama ini, Indro Warkop harus merelakan sang istri, Nita Octobijanthy, berpulang setelah bergelut dengan kanker paru. Indro membagikan jatuh bangun perjuangan sang istri melawan penyakit mematikan tersebut.

Pada acara peringatan bulan kanker dunia, Indrodjojo Kusumonegoro alias Indro 'Warkop' menceritakan kisahnya selama menemani istrinya melawan kanker paru hingga menghembuskan napas terakhirnya. Menurut Indro, support dari orang-orang terdekat terutama keluarga sangat mempengaruhi kondisi pasien yang menderita kanker paru.

"Dukungan keluarga juga merupakan hal terpenting bagi penderita kanker paru," ucap Indro saat ditemui detikHealth di kawasan Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (28/11/2018).

"Istri saya perokok, dan gejala awalnya memang batuk terus-menerus," tutur Indro.



Saat terdeteksi kanker paru stadium 4, Indo menuturkan bahwa istrinya sangat takut kepada penyakit yang dideritanya. Tak henti-hentinya Indro selalu menemani dan memberikan dukungan kepada sang istri.

Bahkan Indro pun membagikan kisah menyentuh saat ia berusaha menghilangkan ketakutan istrinya. Demi membangkitkan keberanian sang istri, Indro mengajak istrinya tersebut untuk masuk ke ruang mayat di salah satu rumah sakit.

"Istri saya penakut banget, sama film horor apalagi. Saat terdiagnosis kanker paru dia bilang sama saya dia takut, terus saya bilang ga usah takut, kita akan sama-sama hadapi. Walau kamu yang terdiagnosis, tapi kan bisa saja aku duluan yang pergi," tutur Indro.

Indro pun mengaku selama proses pengobatan istrinya, ia selalu mempercayakan 100 persen kepada pihak medis.

"Saya selalu mendampingi istri saya dan mempercayakan semuanya sama medis. Dulu saya pernah ditawari lengkuas merah lah, bawang merah lah, segala macamnya, namun saya tetap mempercayai medis. Saya juga sangat berterima kasih kepada tim medis yang telah merawat istri saya dengan sangat baik hingga akhir hayatnya," tutur Indro.

(up/up)
News Feed