Kamis, 13 Jun 2019 20:10 WIB

Akupuntur Diklaim Sebabkan Paru-paru Wanita Ini Kolaps

Widiya Wiyanti - detikHealth
Ilustrasi akupuntur. Foto: thinkstock Ilustrasi akupuntur. Foto: thinkstock
Jakarta - Seorang wanita Portugis berusia 79 tahun memutuskan untuk melakukan akupuntur untuk mengatasi sakit punggungnya. Sayangnya, dua hari kemudian ia justru mengalami sesak napas dan rasa sakit yang tajam di bahunya.

Dikutip dari Daily Mail, dokter yang memeriksa wanita yang tidak disebutkan namanya itu menemukan bahwa paru-paru kanannya telah kolaps. Dokter menyebut itu disebabkan oleh jarum kecil yang digunakan saat akupuntur.

Kasus ini ditulis dalam laporan jurnal BMJ yang menyatakan bahwa wanita itu memiliki riwayat tekanan darah tinggi dan penyakit osteoarticular, yang mempengaruhi sendi, otot dan tulang.

Menurut wanita tersebut, setelah jarum kecil menusuk daerah interscapular, yang berada di antara tulang belikat, ia merasakan sakit di sebelah kanan. Ia tidak berpikir bahwa gejala itu adalah abnormal.

Paru-parunya kolaps, secara medis disebut pneumotoraks, di mana udara bocor dari paru-paru ke ruang di dada. Udara mendorong ke paru-paru yang menyebabkan kolaps.


dr Nick Hopkinson dari British Lung Foundation mengatakan setidaknya sudah ada satu kematian yang dilaporkan serupa dengan kasus tersebut.

"Risiko akupuntur yang diketahui adalah bahwa jarum dapat menusuk lapisan di sekitar paru-paru, menyebabkannya runtuh. Ini bisa mengancam jiwa dan kami akan menyarankan orang untuk menghindari akupunktur ke bagian dada," ujarnya.

Akupuntur adalah bentuk pengobatan komplementer kuno yang telah ada sejak abad ke-17. Pengobatan tradisional ini dipercaya menggunakan energi yang mengalir melalui 12 saluran, jika alirannya terputus dapat menyebabkan gangguan kesehatan.

Jarum-jarum kecil ditusukkan ke beberapa titik tubuh dengan maksud mengembalikan aliran energi dan mengurangi rasa sakit. Akupuntur juga diklaim memiliki manfaat bagi sistem saraf, sirkulasi, dan hormon.

(wdw/fds)
News Feed