Jumat, 09 Agu 2019 18:16 WIB

Gara-gara Makanan Kurang Matang, Cacing 10 Cm Ditemukan Hidup di Otak

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Dokter menemukan cacing di otak seorang pria (Foto: thinkstock) Dokter menemukan cacing di otak seorang pria (Foto: thinkstock)
Jakarta - Seorang pria 26 tahun bernama Liu di China mengalami epilepsi. Hal itu diduga karena adanya cacing pita yang mungkin tertelan dalam makanan yang kurang matang.

dr Wang Chunliang, dokter di Rumah Sakit Afiliasi Pertama Universitas Nanchang yang memimpin perawatan Liu mengatakan, dari hasil sampel darah terdeteksi keberadaan Spirometra mansoni, sejenis cacing pita, di otaknya.

"Ketika dikeluarkan, cacing itu masih hidup. Seluruh badanya berwarna putih, kenyal, dan bisa berenang," katanya yang dikutip dari Jiangnan City Daily.



Dokter memperkirakan, cacing ini bisa masuk ke dalam tubuh Liu lewat makanan yang terkontaminasi ataupun dimasak kurang matang. Liu memang menggemari mengonsumsi makanan yang dipanggang setengah matang.

"Karena kegemarannya itu, cacing dan telur yang mungkin ada di dalam makanan tersebut tidak mati karena cara masak yang kurang baik. Dan cacing tersebut bisa berenang hingga masuk ke organ tubuhnya, seperti paru-paru dan otak," jelas dr Wang.

Kemungkinan, karena otak menerima hampir seperempat sampai darah tubuh, cacing tersebut bisa mencapai otak dan tinggal di organ yang relatif lebih tinggi daripada organ lain.

"Sampai di sana, cacing tersebut bereproduksi dan merusak fungsi otak. Lalu menimbulkan gejala, seperti sakit kepala, mual, pendarahan pada pembuluh darah, dan epilepsi," imbuhnya.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)
News Feed