Kamis, 15 Agu 2019 10:45 WIB

Viral Susu Bayi Dicampur Cetirizine Supaya Tidur Pulas dalam Waktu Lama

Widiya Wiyanti - detikHealth
Viral susu bayi dicampur cetirizine. Foto: Instagram/febevierza912 Viral susu bayi dicampur cetirizine. Foto: Instagram/febevierza912
Jakarta - Belum lama ini beredar kisah viral di media sosial yang sangat membuat netizen geram, yaitu seorang asisten rumah tangga (ART) yang sengaja memasukkan obat cetirizine atau obat anti-alergi ke dalam susu bayi. Tujuannya agar si bayi tertidur pulas dalam waktu lama.

Kisah ini terkuak saat orang tua bayi, Vierza Belinna (23) merasa aneh mengetahui anak keduanya, Great yang masih berusia 4 bulan tidur sangat pulas sejak ia pulang bekerja malam hari hingga jam 5 pagi keesokan harinya. Yang lebih aneh, Great tidak bangun sekalipun untuk meminta susu.

"Nggak bangun minta susu cek pempersnya pun nggak penuh, berisik pun nggak bangun," ujarnya kepada detikHealth, Kamis (15/8/2019).



Namun saat akhir pekan tanpa ART, Vierza mengaku bahwa Great sulit sekali untuk ditidurkan. Beberapa jam sekali, anaknya itu pasti bangun dari tidurnya untuk meminta susu. Popoknya pun karena Great sering buang air kecil.

Kecurigaan Vierza dan suami mulai bertambah usai si ART tiba-tiba meminta keluar dari pekerjaannya dengan alasan yang kurang masuk akal.

"Saya tanya 'kenapa?'. Pembantu 'gapapa takut ngelanggar peraturan bapak sama ibu'. Nah pas saya pulang akhirnya saya selesain sama si ibu ini yang tiba-tiba minta keluar," lanjut Vierza.

Insting seorang ibu pun makin menguat, Vierza meminta suaminya untuk menciumi Great, namun tetap saja tidak bangun. Dikoyak-koyak dan diangkat pun Great tetap tidak bangun. Karena rasa curiga yang cukup besar, Vierza pun tidak sengaja menghirup aroma susu sisa yang diminum Great.

"Saya ambil botolnya saya buang (sususnya), tapi nggak sengaja cium botolnya kok bau anggur pletok kayak A*, saya kasih tau papihnya. Terus saya buat susu baru, baunya berbeda," jelasnya.



Di hari berikutnya, Vierza dan suami membawa Great ke rumah sakit. Dokter mengatakan bahwa susu sisa yang diminum anaknya bukan susu basi, namun susu yang sudah terkontaminasi oleh alkohol dari obat-obatan.

Ada tiga jenis obat yang kemungkinan mengontaminasi ke susu tersebut, yaitu CTM (Chlorpheniramine), obat mabuk perjalan, dan cetirizine.

"Ternyata cetirizine yang saya punya di kulkas. Pas saya cek baunya memang anggur dan bekas sendoknya masih ada bekas lengketnya nggak dicuci. Saya buat susu baru, saya campur cetirizine itu ke susu baru ternyata benar baunya sama seperti yang dibuat si pembantu itu," cerita Vierza.

Setelah mengetahui itu semua, Vierza dan suami pun menanyakannya pada sang ART. Awalnya ia mengelak tidak melakukan hal tersebut pada susu untuk Great, namun setelah diancam akan ditindaklanjuti pada pihak yang berwajib, si ART pun mengakui perbuatannya. ART melakukan hal itu agar Great tidak rewel selama dijaga olehnya.

"Kondisi great sudah dari 2 minggu lalu muntah setiap minum susu, dibilangnya gumoh doang. Pas pengakuan dia bilang cuma 3 hari, cuma saya sudah mencium glagatnya lewat anak saya Great yang tidurnya nggak bangun bangun sampai siang," tuturnya.

Karena sang ART juga memiliki anak kecil, akhir Vierza dan suami melepasnya begitu saja dengan menandatangani surat pernyataan bersalah.



Simak Video "Kata Dokter Soal Pria Sulit Lakukan 'Chair Challenge' yang Viral"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/up)