Kamis, 28 Nov 2019 11:02 WIB

Viral Netizen 'Budak Korporat' Sakit Leher Menahun Karena Kelamaan Kerja

Rosmha Widiyani - detikHealth
Viral cerita netizen sakit leher karena kelamaan kerja di depan laptop. Foto: Twitter Viral cerita netizen sakit leher karena kelamaan kerja di depan laptop. Foto: Twitter
Jakarta - Sebuah unggahan yang viral di Twitter menceritakan seorang netizen yang mengalami sakit di bagian leher akibat dari kelamaan bekerja di depan laptop. Unggahan tersebut awalnya dibagikan lewat Instagram story milik akun @A.weso.me.

"Gue mau berbagi cerita untuk kalian para budak korporat yang sering duduk di depan laptop. I just got hospitalized karena the sake of GA PERNAH STRETCHING. Sangat receh, namun ternyata efeknya mayan ugak," tulis @Ame dalam Twitternya.





Dihubungi detikcom, Ame Maryunita, pemilik akun tersebut, bercerita bahwa ia didiagnosis cervical syndrome yang mengakibatkan kepala dan lehernya terasa sakit. Kondisinya itu disebabkan waktu bekerja yang terlalu intens hingga lebih dari delapan jam sehari. Bahkan, ia harus mengerjakan pekerjaannya berhadapan dengan laptop lagi di rumah.

Bukan hanya di rumah, pada waktu sengang, Ame juga kerap mengerjakan pekerjaannya di kafe. Kursi kafe yang tidak didesain untuk bekerja pun memperparah postur tubuh Ame.

"Aku baru sadar betapa tidak ergonominya kursi kafe untuk bekerja. Aku juga lebih sering pakai laptop jadi layarnya nggak bisa dibuat sejajar mata. Dengan postur yang salah, akhirnya kepala dan leher aku terasa tegang," terangnya.

Rasa sakit pertama kali dirasakannya pada tahun 2016. Sakit yang ia rasakan mereda setelah 3-4 hari. Menyadari ada yang salah, Ame pun memeriksakannya ke dokter dan mengonsumsi obat anti nyeri. Dua tahun berlalu, rasa sakit yang dialami Ame mereda.

Sayangnya, pada tahun 2019 saat Ame kembali aktif bekerja di depan laptop, rasa sakit pada kepala dan lehernya muncul kembali.

Kini, Ame tengah menjalani fisioterapi untuk mengembalikan postur tubuhnya. Ia memilih untuk libur dari pekerjaannya dan beristirahat setiap jam jika harus berhadapan dengan laptop.

Ame sadar betapa pentingnya melakukan stretching atau peregangan saat bekerja seharian di depan laptop. Meski bukan gerakan yang sulit, stretching bisa mencegah tegang di seluruh tubuh akibat kelamaan duduk.

"Karena nggak mungkin lepas jadi aku masih harus pakai laptop untuk kontrol pekerjaan. Tapi sekarang aku istirahat tiap jam buat stretching. Buat yang lain jangan lupa stretching yang cuma butuh lima menit tiap 2 jam," tutupnya.



Simak Video "Viral Cerita Karyawan Sakit Leher Menahun Karena Kelamaan Kerja"
[Gambas:Video 20detik]
(wdw/wdw)