Minggu, 05 Jan 2020 17:06 WIB

True Story

Konsumsi Suplemen Herbal Sebabkan Hati Wanita Ini Gagal Fungsi

Frieda Isyana Putri - detikHealth
Ilustrasi obat suplemen herbal. Foto: shutterstock Ilustrasi obat suplemen herbal. Foto: shutterstock
Jakarta - Seorang wanita berusia 23 tahun mendadak alami gagal fungsi hati atau liver. Dokter memercayai yang menjadi penyebab wanita bernama Emily Goss ini adalah akibat konsumsi suplemen herbal.

Diakuinya, beberapa minggu sebelum Thanksgiving di akhir November, ia menelan empat pil suplemen herbal tiap harinya. Suplemen tersebut bermaksud untuk mendukung keseimbangan hormon, pengaturan berat badan dan kesuburan.

Namun mendadak ia menyadari matanya menguning, perutnya sakit dan rasa lelah, lalu ia berhenti meminum obat tersebut. Dalam beberapa minggu, ia dilarikan ke rumah sakit di Dallas dan segera diantrikan dalam daftar transplantasi hati pada tanggal 25 Desember saat Natal.


"Aku bisa hidup karena seseorang memberikanku hati mereka dan aku sangat bersyukur," ungkap Emily, dikutip dari Fox News.

Menurut sang dokter yang menanganinya, Dr Jeffrey Weinstein, suplemen herbal bisa saja dipasarkan sebagai sebagai tambahan sehat pada diet kita, namun beberapa di antaranya ada yang tidak lolos uji Administrasi Obat-obatan dan Pangan Amerika Serikat (FDA).

"Aku melihat semuanya sebagai obat-obatan dan aku melihat semuanya sebagai bahan kimia, sehingga seharusnya ada peringatan yang baik mengenai bagaimana menggunakannya dan mengapa menggunakannya," tuturnya.

Para tenaga kesehatan telah meminta untuk peraturan lebih ketat pada industri suplemen, begitu pula dengan akibat dan keamanan. Belum jelas seberapa lama Emily meminum suplemen tersebut sampai ia menyadari gejala-gejala yang ia alami.



Simak Video "Jalani Hidup Sehat dengan Iman ala Dokter Zaidul Akbar"
[Gambas:Video 20detik]
(frp/kna)