Sabtu, 29 Agu 2020 18:39 WIB

Tak Sengaja Telan Jarum, Remaja 17 Tahun Ini Sampai Operasi Jantung

Firdaus Anwar - detikHealth
Jarum pentul Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Sebagian orang mungkin terbiasa menaruh sementara jarum di mulut dengan bibir. Kebiasaan ini sebetulnya sangat berbahaya karena ada risiko jarum tidak sengaja tertelan bila lengah.

Hal ini terjadi pada seorang remaja 17 tahun asal Amerika Serikat. Dalam laporan terbaru di jurnal Emergency Medicine, dokter dari University of Massachusetts Medical School terkejut usai menemukan sebuah jarum jahit di jantungnya.

Sang remaja awalnya datang ke ruang gawat darurat karena keluhan nyeri dada. Ia mengaku merasakan sakit yang semakin hebat saat menarik napas dalam atau berbaring.

Tes dengan alat elektrokardiogram (EKG) menunjukkan tanda-tanda abnormalitas. Pemeriksaan CT scan lalu menemukan adanya objek tipis asing berukuran panjang 3,5 sentimeter yang tampak menembus jantung sang remaja.

Sang remaja mengaku tidak menelan benda-benda aneh sebelum mengalami gejala. Hanya saja ia memang terbiasa menjahit, kadang menaruh jarum di mulut.

Pada akhirnya dokter melakukan operasi jantung. Hasilnya terbukti bahwa memang benda asing tersebut adalah jarum yang kemungkinan tidak sadar tertelan.

Kasus ini menjadi kejadian langka karena biasanya objek asing yang tak sengaja tertelan berakhir di saluran cerna atau pernapasan. Dokter tidak tahu pasti bagaimana jarum tertelan bisa sampai ke jantung. Ada kemungkinan jarum menembus usus sehingga bisa masuk ke dalam pembuluh darah.

"Laporan ini menyoroti potensi komplikasi dari masalah benda asing tertelan dam menantang paradigma yang menyebut menelan benda linier tajam kurang dari 5 sentimeter biasanya jarang menimbulkan masalah," tulis para dokter dalam laporannya seperti dikutip dari jurnal Emergency Medicine pada Sabtu (29/8/2020).



Simak Video "Tips Jaga Jantung Tetap Sehat Buat Kaum Rebahan Selama WFH"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)