Selasa, 10 Nov 2020 07:30 WIB

Cerita Pilu 9 Anggota Keluarga Kena Corona, Sang Ibu Meninggal

Zintan Prihatini - detikHealth
Cerita Pilu 9 Anggota Keluarga Kena Corona, Sang Ibu Meninggal Kisah pilu 9 orang sekeluarga kena Corona (Foto: Tangkapan layar)
Jakarta -

Kisah pilu datang dari satu keluarga yang terkena COVID-19. Ada 9 anggota yang dinyatakan tertular COVID-19, dan sang ibu pun tak berhasil melawan COVID-19 karena komplikasi yang diidapnya.

Cerita ini berawal dari video singkat di TikTok yang menceritakan penularan COVID-19 di lingkungan keluarga. Lewat akun @helcii, seorang wanita menceritakan bagaimana 9 anggota keluarga termasuk dirinya tertular Corona.

Cici, sang pemilik akun, mengaku mengeluhkan gejala COVID-19 pertama kali usai dirinya dan keluarga bepergian ke luar kota. Wanita 21 tahun asal Sumatera Barat ini mulanya merasa demam, pusing hingga hilangnya kemampuan mencium dan merasakan sesuatu.

"Jadi aku sekeluarga positif semua. Semua orang pada menjauh untung keluarga aku selalu support," tulis @hellcii dalam unggahannya.

"Jadi kita dikarantina mandiri dirumah. Alhamdulillah ada aja tiap hari yang ngirimin kita makanan. Sumpah ini cobaan terberat yang pernah aku alamin," lanjutnya dalam video berdurasi 33 detik itu.

Saat dikonfirmasi detikcom, Cici mengatakan ketika gejala yang dirasakannya muncul, ia dan keluarga pergi ke rumah sakit untuk diperiksa. Sehari setelah pemeriksaan, ibunda Cici meninggal dunia karena komplikasi penyakit jantung, diabetes, dan COVID-19. Dua hari pasca pemeriksaan, Cici dan adiknya dinyatakan positif Corona.

Ia mengatakan, sistem imun yang menurun dan rasa lelah menjadi salah satu faktor penularan COVID-19 di keluarganya.

"Kita tertular semuanya ada 9 orang, emang kayaknya pas kita tertular itu imunnya sedang turun banget gara-gara kecapekan ngurusin mama sakit sama pas mama meninggal," ujar Cici.

Saat ini Cici dan keluarganya telah dinyatakan negatif COVID-19. Ia juga mengingatkan agar selalu menggunakan masker saat di luar rumah dan menjaga kesehatan dengan mencuci tangan.

"Pokoknya buat temen-temen jangan lupa pake masker ya. Serius itu kunci nggak tertularnya corona dan sering-sering cuci tangan, semoga semuanya sehat dan terjauhkan dari virus corona ini," pesan Cici.



Simak Video "Dear Warga Indonesia, Yuk Lakukan 3W Agar Terhindar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)