Jumat, 26 Mar 2021 10:10 WIB

Hobi Makan Daging Mentah, Perut Pria Ini Digerogoti Cacing Pita 18 Meter

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Harga Daging Sapi Ilustrasi daging mentah. (Foto: Aulia Damayanti)
Jakarta -

Tim dokter di Thailand dibuat terkejut dengan temuan 18 meter cacing pita di dalam tubuh seorang pria lansia. Hobi makan daging mentah diduga jadi penyebabnya.

Awalnya, pria berusia 67 tahun ini mengeluh sakit perut tak tertahankan dan perut kembung ekstrem yang tdak kunjung membaik dan akhirnya mengunjungi rumah sakit di di provinsi Nong Khai, Thailand.

Pria ini tidak merasa ada yang salah sampai sampel tinja dikirim ke laboratorium Pusat Penelitian Penyakit Parasitik. Tes laboratorium mendeteksi 28 sampel telur dalam sampel tersebut sehingga pasien diberi obat cacing untuk dikonsumsi sebelum tidur.

Tepat pada pagi hari, cacing parasit mulai keluar dari duburnya. Parasit yang dikenal dengan nama ilmiah Taenia saginata ini disebut juga cacing pita daging sapi.

Kepala Pusat Penelitian Penyakit Parasit di Nakhon Ratchasima tempat sampel tinja pria itu diuji, Schawanya Rattanapitoon, mengatakan cacing pita ini biasanya ditularkan ke manusia saat mereka makan daging mentah yang mengandung telur cacing pita.

"Kami menyarankan agar keluarga pasien juga menjalani tes kesehatan untuk mengetahui apakah mereka terkena parasit karena mereka juga berisiko... Kami peringatkan mereka untuk tidak terus mengkonsumsi daging mentah karena itu adalah salah satu penyebab utama parasit di dalam tubuh," kata Schawanya dikutip dari Daily Mail.

Schwanya mengatakan cacing pita sepanjang 18 meter itu adalah rekor terpanjang yang tercatat di Thailand dalam 50 tahun terakhir.

"Parasit ini dapat hidup pada manusia selama lebih dari 30 tahun... Namun, saat ini, mereka tidak bisa bertahan lama karena obat yang lebih baik sudah tersedia. Tapi cacing pita pria ini sangat panjang," ungkapnya.

Saat ini pasien diberi obat dan diperingatkan untuk mengubah kebiasaan makannya.

Orang yang terinfeksi cacing pita kemungkinan tidak mengetahui kondisinya karena gejaanya biasanya ringan bahkan tak ada sama sekali. Namun infeksi ini bisa menyebabkan kejang sehingga butuh pertolongan medis.



Simak Video "Daging Tak Matang Bisa Bikin Infeksi Cacing Pita Sampai ke Otak"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)