Kamis, 15 Apr 2021 13:04 WIB

Challenge TikTok Viral Berakhir Fatal, Anak 12 Tahun Meninggal Dunia

Nafilah Sri Sagita K - detikHealth
The dead womans body. Focus on hand Foto: Getty Images/iStockphoto/Artem_Furman
Jakarta -

Kisah tragis menimpa anak 12 tahun yang termakan challenge viral di TikTok. Adalah Joshua Haileyesus, yang meninggal dunia usai sebulan lebih melawan kondisi kritisnya.

Mulanya, anak asal Colorado ini mengikuti tantangan bernama 'Blackout Challenge' yang kerap ngetren bertahun-tahun. Konon katanya, setiap orang yang mengikuti challenge ini bisa mendapatkan atau meraih rasa 'bahagia' dengan tindakan berbahaya seperti mencekik diri sendiri.

Bocah tersebut ditemukan dalam kondisi pingsan oleh saudara kembarnya di lantai kamar mandi. Sejak saat itu, ia membutuhkan alat bantu ventilator untuk membantunya bernapas dan dirawat secara intensif di rumah sakit.

Keluarganya curiga dia sudah mencoba mencekik dirinya sendiri dalam waktu yang lama untuk melakukan Blackout Challenge yang viral di TikTok.

"Setelah berjuang dalam pertarungan yang baik untuk dukungan hidup selama 19 hari, Joshua pergi bersama Tuhan," demikian kabar terbaru dari keluarganya, dikutip dari Daily Star, Kamis (15/4/2021).

TikTok 'Blackout Challenge', juga disebut sebagai 'Passout Challenge', 'The Game of Choking' atau 'Speed Dreaming'. Beberapa hari sebelum bocah tersebut ditemukan pingsan, dia sempat berbohong kepada saudara kembarnya, kalau aksinya ini menunjukkan bahwa dia bisa menahan napas sebentar saja.

Sontak ketika mendapati anaknya dalam kondisi kritis, sang ayah, Haileyesus hanya bisa berharap ada kemungkinan anaknya bisa kembali pulih, meski pada akhirnya tak berhasil selamat.

Dirinya mewanti-wanti seluruh orang tua untuk bisa menjaga sang anak sebaik mungkin. Terlebih soal blackout challenge yang kerap dianggap lelucon.

"Ini sama sekali bukan lelucon. Dan Anda bisa memperlakukannya seolah-olah seseorang sedang memegang senjata. Betapa berbahayanya ini."



Simak Video "Fakta Soal Mata Bengkak Gara-gara Sering Main Handphone"
[Gambas:Video 20detik]
(naf/up)