Rabu, 04 Agu 2021 13:48 WIB

Kasus Langka Wanita Menghasilkan ASI dari Ketiak, Apa Penyebabnya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Rambut ketiak Foto ilustrasi: Thinkstock
Jakarta -

Kehamilan diketahui dapat mengubah tubuh seorang wanita. Namun, bagi seorang wanita 26 tahun dari Portugal, perubahan tubuh yang terjadi bisa dibilang cukup unik.

Dilaporkan dalam The New England Journal of Medicine, sang wanita awalnya mengeluh merasa sakit dibagian ketiak dua hari setelah melahirkan. Dokter yang memeriksa lalu menemukan semacam benjolan bundar di ketiaknya.

"Benjolan ini mengeluarkan cairan keputihan ketika dipencet," tulis laporan dokter seperti dikutip dari Live Science, Rabu (4/8/2021).

Setelah diselidiki ternyata cairan yang keluar adalah air susu ibu (ASI). Dokter mendiagnosis sang wanita dengan kondisi polymastia atau adanya jaringan payudara ekstra.

Menurut studi yang dipublikasi di jurnal Mayo Clinic Proceedings, diperkirakan sekitar 6 persen wanita memiliki kondisi ini. Polymastia dijelaskan biasanya terjadi karena kelainan perkembangan di dalam kandungan dan mungkin baru diketahui setelah seseorang beranjak dewasa.

Pada kasus sang wanita, dokter memastikan kondisi polymastia-nya jinak. Dokter juga menyarankan agar sang wanita rutin melakukan pemeriksaan kanker payudara, termasuk pada payudara ekstranya.



Simak Video "Solusi untuk Ibu Positif Covid-19 Bila Tak Sanggup Menyusui Bayi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)