Senin, 16 Agu 2021 17:15 WIB

Balas Dendam Pria yang Digigit Ular Berbisa, Gigit Balik Ular Sampai Mati

Firdaus Anwar - detikHealth
Ular weling atau Bungarus candidus alias Malayan Banded Krait. (Dok Instagram Sioux Indonesia) Foto ilustrasi: Ular weling atau Bungarus candidus alias Malayan Banded Krait. (Dok Instagram Sioux Indonesia)
Jakarta -

Apa yang harus dilakukan saat digigit ular berbisa? Sebagian orang mungkin akan berusaha segera mencari bantuan medis. Namun, seorang pria di India membuat heboh karena malah balas dendam dengan menggigit balik ular.

Kishore Badra dari desa Gambharipatia, India, dilaporkan baru kembali dari sawah saat seekor ular weling menggigit kakinya pada Rabu (11/8/2021). Bukannya mencari bantuan medis, Kishore yang kesal balas dendam dengan menggigit ular tersebut sampai mati.

"Saya merasa ada yang menggigit kaki waktu jalan kembali pulang. Saya nyalakan senter dan ternyata ada ular weling yang beracun... Saya ingin balas dendam, saya pegang ular itu terus saya gigit berkali-kali sampai mati," kata Kishore pada Press Trust of India dan dikutip dari Independent, Senin (16/8/2021).

Kishore membawa bangkai ular tersebut kembali ke desa sebagai bukti. Ia mengklaim dirinya tidak mengalami efek serius karena racun ular berkat pengobatan tradisional yang dilakukan dukun setempat.

Gigitan ular weling, welang, atau belang yang masih berkerabat diketahui bersifat neurotoksin. Ini berarti bisa ular bekerja dengan cara melumpuhkan saraf hingga akhirnya korban meninggal karena gagal napas.

India jadi salah satu negara dengan jumlah kasus gigitan ular terbanyak di dunia. Menurut studi berjudul "Snakebite Mortality in India: A Nationally Representative Mortality Survey" tahun 2020, setiap tahunnya bisa ada sekitar 58.000 kematian karena gigitan ular di India.



Simak Video "Kok Bisa Harga PCR Covid-19 di India Cuma Rp 100 Ribuan?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)