Rabu, 01 Sep 2021 06:30 WIB

Cerita Haru Ibu Melahirkan Bayi yang Sudah 3 Hari Meninggal dalam Kandungan

Rita Puspita Rachmawati - detikHealth
Silhouette of pregnant woman Foto: iStock
Jakarta -

Kisah seorang ibu melahirkan baru-baru ini menjadi viral di media sosial. Pasalnya, bayi yang dilahirkan ternyata sudah dalam kondisi tak bernyawa.

Kisah ini dibagikan oleh akun TikTok @emy_ginting pada Jumat (23/7/2021). Pemilik akun yang merupakan kakak dari ibu si bayi mengunggah beberapa video saat adiknya yang tengah hamil 8 bulan berada di rumah sakit.

"Jadi ini adikku lagi hamil 8 bulan, katanya bayinya sudah enggak ada pergerakan 3 hari. Kita sudah bolak balik ke rumah sakit untuk periksa dan USG. Katanya bayinya meninggal di dalam kandungan," tulisnya, dikutip dari TikTok.

"Mereka bingung dan sedih banget, besok pagi harus operasi untuk keluarin bayinya," lanjutnya.

Namun, wanita tersebut ternyata tidak jadi melahirkan melalui operasi caesar dan harus menunggu untuk melahirkan normal. Ia juga sempat mengalami kontraksi melahirkan seperti ibu melahirkan lainnya.

"Tadinya kita sudah siapin penguburan bayinya hari ini, karena awalnya kata dokter yang merujuk SC jam 8 pagi. Tapi kata dokter yang di rumah sakit normal saja. Sekarang dia lagi kesakitan banget, lagi kontraksi katanya. Salut banget sama ibu bapaknya kuat banget," ujarnya.

Kondisi sang bayi yang meninggal di dalam kandungan ternyata berawal ketika sang ibu mengalami demam dan batuk. Namun setelahnya gerakan janin menghilang.

"Awalnya ibunya demam dan batuk bund, setelah sembuh katanya enggak ada pergerakan sama sekali," ujar sang kakak.

"Pas main ke rumah langsung aku ajakin konsultasi, karena saya juga minim pengetahuan tentang kehamilan, tapi pasti ada apa-apa kalau sampai enggak ada pergerakan sama sekali. Kita sudah ke 2 bidannya panik sudah tahu kayaknya di bayi sudah enggak ada tapi enggak berani memutuskan kalau si bayi sudah enggak ada," lanjutnya.

Dalam dunia medis, kematian bayi dalam kandungan memang bisa terjadi. Simak penjelasan dokter selengkapnya.

KLIK DI SINI UNTUK KE HALAMAN SELANJUTNYA



Simak Video "Plasma Konvalesen Dapat Cegah Gawat Janin Pada Bumil Terpapar Covid-19"
[Gambas:Video 20detik]
(up/up)