Senin, 13 Sep 2021 12:45 WIB

Pria Ini Hanya Bisa Mencium Bau Rokok Semenjak Terkena COVID-19, Kok Bisa?

Vidya Pinandhita - detikHealth
Cukai rokok 2021 naik menjadi 12,5%. Kenaikan tarif tersebut mulai berlaku pada Februari 2021 mendatang. Ilustrasi rokok. (Foto: Pradita Utama)
Jakarta -

Mark Cowell, pria berusia 46 tahun asal Inggris mengaku terus-menerus 'dihantui' bau aneh seperti rokok sejak terkena COVID-19. Menurutnya, rasanya seperti merokok 30 batang rokok sehari dan tak kunjung hilang.

"Ini bau asbak rokok yang kotor dan itu benar-benar membuat saya merasa najis karena rasanya saya benar-benar mencium bau seperti itu, yang cukup mengkhawatirkan," kata Mark, dikutip dari The Sun, Senin (13/9/2021).

"Mungkin itu varian baru dari COVID-19 yang saya dapatkan atau mungkin hanya memengaruhi saya secara berbeda dengan orang lain," lanjutnya.

Diketahui, Mark sudah menerima dua dosis vaksin COVID-19 AstraZeneca. Bulan lalu, ia positif COVID-19 dan sempat mengalami anosmia atau hilang kemampuan mencium bau. Berbeda pada kasus anosmia kebanyakan, ia masih bisa mengecap rasa.

Mark mengaku, indra penciumannya sudah kembali sejak sekitar sebulan lalu. Namun begitu, Mark mendapatkan bau phantom homo yang mengganggu lubang hidungnya setiap setengah jam.

Mark adalah mantan perokok berat. Saat berusia 18 hingga 34 tahun, Mark terbiasa merokok sebanyak 30 batang dalam sehari. Namun pada 2009, Mark sengaja menghentikan kebiasaan merokoknya lantaran sempat menderita sesak napas dan infeksi dada terus-menerus.

"Ini sangat mengganggu karena, sebagai mantan perokok, itu adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda cium.

"Saya bahkan tidak tahan dengan baunya ketika saya berjalan melewati orang-orang yang sedang merokok. Jadi mencium bau rokok terus-menerus cukup membuat depresi," lanjutnya.

Mark berencana untuk berkonsultasi dengan dokter terkait keluhannya tersebut. Menurut National Health Service (NHS), kehilangan dan perubahan rasa atau bau sebagai gejala COVID-19 berkepanjangan atau 'Long COVID-19'.



Simak Video "Hati-hati dengan Badai Sitokin "
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/up)