Minggu, 07 Nov 2021 19:04 WIB

Mr P Pria Ini Membusuk Usai Digigit Ular, Terpaksa Dioperasi

Akbar Malik - detikHealth
close up shot of cobra hood Mr P seorang pria digigit ular kobra hingga harus dioperasi. (Foto: iStock)
Jakarta -

Seorang pria asal Belanda menderita sakit yang luar biasa pada penisnya karena digigit oleh ular kobra. Penis pria tersebut dilaporkan digigit saat tengah buang air di toilet Afrika Selatan ketika melakukan safari.

Gigitan ular kobra itu mengakibatkan penis sang pria membusuk. Ia sempat mendapatkan perawatan darurat di rumah sakit Afrika Selatan, namun sejumlah jaringan di penisnya tidak dapat ditolong dan harus dipotong.

Setelah mendapatkan perawatan di Afrika Selatan, pria itu kemudian dilarikan ke tempat asalnya Belanda. Sesampainya di rumah sakit Belanda, ternyata lebih banyak jaringan penisnya yang harus diangkat.

"Pasien dalam kondisi stabil saat tiba di rumah sakit, sadar penuh, dan organ intimnya bengkak dengan warna keunguan yang jadi tanda kematian jaringan," tulis tim dokter seperti dikutip dari jurnal Urology Case Reports, Minggu (7/11/2021).

Demi membangun kembali sistem jaringan penis, ahli bedah memutuskan untuk mencangkok jaringan dari bagian selangkangan sang pria untuk ditransplantasi ke penis.

Laporan dalam jurnal Urology Case Reports menyebut kejadian yang menimpa pria itu merupakan kasus pertama penis digigit oleh kobra.

Sang pria mengaku awalnya tidak tahu di dalam lubang toilet terdapat ular berbisa. Saat itu, pria tersebut merasakan sensasi terbakar yang hebat pada penisnya yang kemudian membengkak dan menjadi ungu.

Petugas medis mengimbau selalu cek toilet terlebih dahulu saat berada di kawasan yang diketahui memiliki banyak ular berbisa.



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)