Rabu, 24 Nov 2021 15:30 WIB

Ngeri! Pria India Nekat Telan 600 Paku, Dokter Takjub Tak Ada Organ yang Rusak

Ayunda Septiani - detikHealth
ilustrasi sakit perut Foto ilustrasi. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Pengalaman mengerikan dialami oleh seorang pria di India, Pradip Kumar Dhali yang sebelumnya mengeluhkan sakit yang cukup parah di bagian perutnya selama dua bulan. Keluarganya pun harus membawanya ke rumah sakit untuk mendapatkan perawatan medis.

Dikutip dari laman New York Post, setelah dilakukan CT Scan pada pria tersebut, terdapat benda asing dalam perut pria itu. Setelah ditelusuri lebih jauh, benda itu adalah paku. Beruntung, paku tersebut tak ada satupun yang menusuk perutnya.

"Kami mengoperasi perutnya dan menggunakan bantuan magnet untuk mengeluarkan paku satu per satu. Ada lebih dari 600 buah paku di dalamnya," ujar dr Siddhartha Biswas dari Calcutta Medical College and Hospital.

Pihak keluarga pun mengetahui kebiasaannya memakan benda-benda asing. Namun, mereka tak pernah menyangka bahwa Pradip akan memakan begitu banyak paku.

"Keluarga diminta oleh psikiater yang memeriksa Pradip agar tidak mengganggu apa yang sedang ia lakukan," jelas dr Biswas.

Kejadian serupa juga dialami oleh beberapa orang di bawah ini. Disebutkan, mereka juga mengonsumsi berbagai jenis logam.

Pria di Prancis telan 100 logam

Dikutip dari laman The Guardian, kejadian serupa juga pernah terjadi pada pria 52 tahun di Prancis yang dilaporkan menderita psikosis.

Para ahli bedah pun mengeluarkan lebih dari 100 logam berbagai bentuk dan ukuran dari dalam lambung seorang pria di Prancis.

Benda-benda yang ditelannya termasuk paku, pisau, sekrup, mur, koin, dan sendok.

Pria tersebut sangat sering menelan benda-benda logam dalam rentang waktu cukup lama sehingga benda itu menggumpal dalam lambungnya, menjadi gumpalan yang diistilahkan sebagai "bezoar."

Gumpalan bezoar itu menjadi semakin besar hingga menyumbat pylorus, yaitu saluran yang menghubungkan lambung dan usus kecil. Akibatnya, menurut laporan kasus tersebut, lambungnya tidak bisa dikosongkan.

Bezoar logam termasuk bentuk bezoar yang paling langka. Jenis-jenis bezoar lainnya adalah gumpalan susu yang tidak tercerna (pada bayi), rambut (pada orang menelan rambut, yaitu kondisi trichophagia), zat tumbuhan (dari serat buah dan sayur), serta pil.

Menelan 1 kilogram paku

Para dokter di Lithuania telah mengeluarkan lebih dari satu kilogram paku dan serkup dari perut seorang pria yang menelan benda-benda logam setelah berhenti minum alkohol.

Dikutip dari laman The Guardian, seorang pria yang tak disebut namanya itu dirawat di rumah sakit di kota pelabuhan Baltik Klaipeda karena sakit perut parah.

Sinar-X di perutnya menunjukkan potongan-potongan logam berukuran hingga 10 cm.

"Selama operasi 3 jam dengan kontrol sinar-X, semua benda asing, bahkan yang terkecil, di perut pasien dikeluarkan," kata ahli bedah, Sarunas Dailidenas.

"Kami belum pernah melihat yang seperti ini," kata Algirdas Slepavicius, kepala ahli bedah di Rumah Sakit Klaipeda kepada media setempat.



Simak Video "Mau Punya Otot Perut Seperti Diva? Ini Caranya!"
[Gambas:Video 20detik]
(ayd/kna)