Rabu, 24 Nov 2021 16:00 WIB

Kasus Unik Puting Payudara Tumbuh di Telapak Kaki, Ini Penjelasan Dokter

Firdaus Anwar - detikHealth
Viral puting muncul di bagian kaki Foto: Tangkapan layar viral
Jakarta -

Dalam sebuah video Tiktok yang viral, dokter menjelaskan kasus unik puting yang tumbuh di bagian tubuh selain payudara. Salah satu contoh kasus yang pernah dilaporkan yaitu puting di telapak kaki.

Ahli bedah dr Karan Rajan dari Sunderland University menjelaskan ini adalah fenomena yang disebut sebagai pseudomamma atau jaringan payudara palsu.

Pada dasarnya di tubuh manusia terdapat apa yang disebut garis susu mulai dari ketiak sampai selangkangan. Garis ini merupakan tempat yaitu garis yang bisa jadi tempat jaringan payudara berpotensi untuk tumbuh.

"Meski puting atau jaringan payudara biasanya tumbuh sepanjang garis susu tersebut, secara teknis ini sebenarnya bisa tumbuh di mana saja," kata dr Karan lewat video TikToknya seperti dikutip pada Rabu (24/11/2021).

Dalam laporan di jurnal Plastic, Reconstructive & Aesthetic Surgery 2010 seorang pria awalnya mengira memiliki tahi lalat yang tumbuh di kaki. Setelah diperiksa tahi lalat itu ternyata adalah puting payudara ekstra.

Kasus puting payudara ekstra di telapak kaki juga pernah dilaporkan terjadi pada wanita.

Menurut dr Karan kasus puting payudara ekstra di bagian tubuh manapun cukup langka. Diperkirakan kasus ini tidak memengaruhi lebih dari satu persen populasi.



Simak Video "Luapkan Emosimu Di Sini, Hancurkan Saja Semua Hingga Berkeping!"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/naf)