Idap Kondisi Langka, Dua Bersaudara Ini Terlihat Lebih Tua dari Anak Seusianya

ADVERTISEMENT

Idap Kondisi Langka, Dua Bersaudara Ini Terlihat Lebih Tua dari Anak Seusianya

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 01 Des 2021 13:19 WIB
Boy and girl from back, looking trough the window.
(Foto ilustrasi: Getty Images/SanyaSM)
Jakarta -

Dua bersaudara asal Jharkhand, India, mengidap kondisi langka yang membuat mereka berbeda dengan anak lainnya. Kondisi tersebut membuat keduanya terlihat sangat tua untuk usia mereka.

Keduanya bernama Anjali Kumar yang berusia 7 tahun saat itu dan adiknya, Keshav Kumar, usianya masih 18 bulan. Mereka mengidap kondisi yang dikenal sebagai Cutis Laxa dan Progeria yang tidak dapat disembuhkan.

Akibat kondisi langka itu, Anjali dan Keshav memiliki kulit yang keriput, kendor, dan mengalami nyeri sendi seperti kebanyakan orang lanjut usia. Kakak beradik ini pun mendapat julukan sebagai 'Benjamin Button siblings,' di tahun 2016 lalu.

Mereka juga kerap diintimidasi dan mendapat ejekan dari anak-anak lain yang menyebutnya dengan segala macam nama panggilan. Saat itu, kedua orang tuanya, Shatrughan Rajak dan Rinki Devi, tidak bisa berbuat banyak karena faktor ekonomi.

"Anak-anak di sekolah memanggil saya dengan nama seperti daadi amma (nenek), budhiya (wanita tua), bandariya (monyet), atau hanuman (raja monyet Hindu) dan itu mengganggu saya," kata Anjali dalam sebuah wawancara yang dikutip dari Oddity Central.

Saat itu, Anjali dan Keshav dianjurkan untuk mengkonsumsi obat allopathic. Namun, mereka hanya mampu merawat kedua anaknya dengan obat homeopati yang tidak memiliki efek positif.

Kondisi cutis laxa maupun progeria memiliki gejala yang lebih dari sekedar kulit yang terlihat menua. Penderita kondisi ini umumnya memiliki tingkat kekebalan yang rendah dan berisiko besar mengalami radang sendi, infeksi dada, bahkan serangan jantung.

Cutis laxa merupakan kelainan langka pada jaringan ikat dengan ciri-ciri kulit berkerut dan tidak elastis. Kondisi ini bisa disebabkan oleh faktor keturunan atau penyakit autoimun, seperti lupus, infeksi, hingga paparan obat tertentu.

Sementara progeria atau dikenal dengan sindrom Hutchinson-Gilford adalah kelainan genetik progresif langka yang menyebabkan anak-anak menua dengan cepat. Awalnya lahir dengan normal, namun mulai terlihat perubahan pada usia dua tahun.

Namun, hampir enam tahun berlalu kondisi Anjali dan Keshav mulai menjadi lebih baik. Usai foto-foto keduanya tersebar luas di media, sebuah LSM bernama Care Today Fund menawarkan kakak beradik itu bantuan medis.

Anjali dan Keshav menjalani facelift untuk mengurangi kerutan dan kulit mereka yang kendur pada tahun 2016. Sampai saat ini, keduanya masih saling mendukung dan mengatasi kesulitan yang mereka hadapi bersama.



Simak Video "Epidermolisis Bullosa, Kelainan Kulit Langka Pada Manusia"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT