Jumat, 07 Jan 2022 21:47 WIB

Diduga Punya Kelamin Ganda, Gadis di Brebes Jalani Tes Kromosom

Imam Suripto - detikHealth
Bocah di Brebes diduga mengidap kelamin ganda Bocah di Brebes diduga mengidap kelamin ganda (Foto: Imam Suripto/detikHealth)
Brebes -

Seorang bocah perempuan 7 tahun warga Kecamatan Bantarkawung, Brebes, Jawa Tengah, diduga mengalami kelainan pada alat kelaminnya. Seiring bertambah usia, pada alat kelamin gadis ini muncul benjolan mirip kelamin laki laki.

Benjolan pada alat kelamin gadis bernama S ini muncul sejak berumur 4 tahun. Caswoyo (35), ayah S mengaku, awal munculnya itu ditandai dengan adanya pembengkakan di alat kelamin. Bengkak ini dibarengi dengan rasa sakit hingga membuat S menangis.

"Sekitar umur 4 tahun muncul bengkak pada alat kelamin putri saya. Anaknya sering nangis kalau bengkak," ungkap Caswoyo ditemui di rumahnya, Jumat (7/1/2022).

Karena keluhan yang dialami, anak kedua dari pasangan Elin Karlina dan Caswoyo ini dibawa ke bidan untuk diperiksa. Bidan saat itu menduga terkena hernia dan pengobatannya harus menunggu cukup umur.

"Pertama kata bidan itu hernia. Terus kalau mau dioperasi harus nunggu cukup umur," sambungnya.

Makin lama benjolan itu terus membesar. Orang tua memberanikan memeriksakan ke salah satu rumah sakit di Kecamatan Bumiayu. Di rumah ini, kata Caswoyo anaknya diperiksa USG dan periksa laboratorium.

Hasil USG, tidak ditemukan adanya rahim. Demikian pula hasil laboratorium, hasilnya juga normal. Selepas pemeriksaan, S dirujuk kembali ke RSUD Margono di Purwokerto. Hasil pemeriksaan rumah sakit ini juga tidak menunjukkan adanya kelainan.

"Sempat periksa USG sama test lab. Hasilnya tidak ditemukan rahim dan hasil lab juga normal. Terus dari Margono dirujuk lagi ke Semarang (RSUP Karyadi)," sambung pria ini.

Makin bertambah umur, benjolan di kelamin S makin besar dan menyerupai kelamin laki laki. Munculnya benjolan ini dibarengi dengan perubahan perilaku S dari wanita menjadi seperti laki laki.

"Mulai dari pakaian, dia sukanya pakai baju laki laki, tidak mau baju perempuan. Sekalinya pakai baju wanita karena dipaksa, terutama kalau mau sekolah sama mengaji. Kemudian dia sukanya bermain sama laki laki, main sepakbola. Pokoknya mainan laki laki dan tidak mau sama perempuan," ungkapnya.

Selanjutnya
Halaman
1 2


Simak Video "Tolong! Bocah Berkelamin Ganda di Cianjur Butuh Bantuan untuk Operasi"
[Gambas:Video 20detik]