Luna Maya Bekukan Sel Telurnya, Berapa Sih Kisaran Biaya Egg Freezing?

ADVERTISEMENT

Luna Maya Bekukan Sel Telurnya, Berapa Sih Kisaran Biaya Egg Freezing?

Firdaus Anwar - detikHealth
Kamis, 20 Jan 2022 14:30 WIB
Luna Maya saat ditemui di salah satu kawasan di Jakarta.
Foto: Noel/detikHOT
Jakarta -

Artis Luna Maya dikabarkan membekukan sel telurnya (egg freezing) sebagai persiapan hari tua. Luna Maya mengaku ingin tetap bisa memiliki sel telur yang 'muda' walau sudah menopause.

"Aku pikir ini suatu tindakan persiapan saja. Supaya telur aku masih muda walaupun sudah menopause gitu," ungkap Luna Maya.

Egg freezin sendiri adalah salah satu prosedur yang biasa dilakukan dalam program bayi tabung atau in vitro fertilization (IVF). Ini dilakukan dengan dokter mengambil sel telur yang ada di rahim seorang wanita, kemudian telur tersebut dibekukan untuk dipakai di kemudian hari.

Berapa biaya egg freezing/pembekuan sel telur?

Operation Manager Morula IVF Ciputat, Muhammad Ma'ruf, menjelaskan biaya prosedur egg freezing bisa dibagi menjadi beberapa komponen. Mulai dari obat-obatan yang digunakan untuk menstimulasi sel telur, proses pengambilan sel telur, pembekuan, dan penyimpanan.

"Biaya obat stimulasi sekitar Rp 15 juta dan bisa berbeda-beda tergantung kondisi medis dan profil hormon masing-masing pasien. Biaya petik telur (ovum pick up) sekitar Rp 30 juta dan biaya Tabung cryo (pembekuan) sel telur yang dipetik tadi sekitar Rp 2 juta. Jadi total bisa di kisaran Rp 40-50 jutaan," ungkap Ma'ruf pada detikcom, Kamis (20/1/2022).

Selain biaya prosedur egg freezing, pasien juga mungkin akan dikenakan biaya penyimpanan tiap bulan. Sel telur yang sehat bisa saja disimpan dalam kondisi beku sampai puluhan tahun.

"Ada biaya penyimpanan bulanan selama sel telur tersebut masih dibekukan/disimpan. Sekitar Rp 300 ribu per bulan," pungkas Ma'ruf.



Simak Video "Luna Maya Jalani Pembekuan Sel Telur, Apa Itu?"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT