ADVERTISEMENT

Kamis, 20 Jan 2022 15:30 WIB

Nekat Sengaja Tertular COVID-19, Penyanyi Ini Berakhir Tewas

Hartaty Varadifa - detikHealth
Ilustrasi jenazah Nekat sengaja tertular bikin penyanyi ini tewas akibat COVID-19. (Foto: Thinkstock)
Jakarta -

Seorang penyanyi folk asal Ceko meninggal setelah terpapar COVID-19 dengan sengaja agar mendapatkan surat kesehatan yang bisa mengizinkannya ke tempat sauna dan teater.

Mengingat jumlah kasus COVID-19 terus meningkat di negara tersebut, bukti surat vaksinasi atau infeksi COVID-19 terbaru sangat diperlukan untuk dapat mengunjungi fasilitas umum termasuk olahraga, budaya, bar, dan restoran.

Vokalis band Asonance yang bernama Hana Horka ini tidak mau divaksin dan meninggal di usia 57 tahun pada Minggu (16/1/2022).

Putranya Jan Rek mengatakan pada radio lokal iRozhlas.cz bahwa Horka terpapar varian Delta. Rek mengatakan ibunya dengan sengaja mendekati diri dengan suami dan putranya yang sedang terinfeksi COVID-19 sebelum natal tahun lalu.

Jan mengungkapkan, "Dia memilih untuk terus hidup seperti biasa bersama kami bahkan lebih suka terjangkit virus daripada melakukan vaksinasi."

Dua hari sebelum ia meninggal, Horka sempat menyatakan di medial sosialnya bahwa ia selamat dari paparan virus.

"Saya selamat dari Delta, tapi rasanya campur aduk."

"Berikutnya akan ada kunjungan ke teater, sauna, konser dan ke pantai mendadak" tulisnya.

Setelah melakukan beberapa perjalanan ia mulai merasa sakit di bagian punggung ketika baru kembali dari perjalanannya. Kata putranya ia pun meninggal dalam keadaan tersedak di tempat tidur. Tetapi belum ada konfirmasi terkait penyebab pasti kematian ibunya

"Dalam waktu 10 menit semuanya selesai, dia tersedak sampai meninggal dunia" kata putranya.

Rek menyalahkan komplotan gerakan anti-vaksin atas kematian ibunya. Dia mengungkapkan bahwa sang ibu lebih mempercayai orang asing dan konspirasi yang memengaruhinya daripada keluargnya sendiri.

"Dia lebih setuju gagasan tertular COVID-19 daripada divaksin. Bukannya kita akan memperoleh microchip atau semacamnya" sebut Rek.

Putranya itu berharap dengan membagi kisah sang ibu, dapat meyakinkan orang-orang untuk melakukan vaksinasi.



Simak Video "Satgas Covid-19: Kita Perlu Berhati-hati dalam Memaknai Akhir Pandemi"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT