ADVERTISEMENT

Sabtu, 12 Mar 2022 17:30 WIB

Lidah Pria Ini Menghitam dan Ditumbuhi Bulu, Apa Penyebabnya?

Firdaus Anwar - detikHealth
Lidah Pria Ini Menghitam dan Ditumbuhi Bulu usai mengalami stroke. Black Hairy Tongue (BHT). (Foto: Tangkapan layar/JAMA Dermatology)
Jakarta -

Seorang pria di India dilaporkan memiliki lidah yang tampak berwarna hitam dan memiliki banyak bulu. Pria berusia 50 tahunan tersebut awalnya dikabarkan dirawat di rumah sakit usai mengalami stroke.

Dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal JAMA Dermatology, stroke membuat sang pria lumpuh pada tubuh bagian kirinya. Ini membuatnya terpaksa harus selalu mengonsumsi makanan cair.

Setelah dua bulan berlalu, perawat memperhatikan lidah sang pria mulai tampak menghitam.

Dokter mendiagnosis sang pria dengan kondisi black hairy tongue (BHT). Kondisi ini bisa muncul bila ujung dari saraf pengecap pada lidah yang bernama papila tumbuh lebat.

Dalam kondisi normal papila di lidah biasanya akan tumbuh-gugur berganti secara berkala. Namun bila lidah tidak mendapat stimulasi, misalnya dari sikat gigi atau makanan padat, maka papila dapat tumbuh jadi lebih panjang dari biasanya.

Situasi sang pasien yang hanya bisa mengonsumsi makanan cair dan jarang memperhatikan kebersihan mulut diduga jadi pemicu BHT. Dokter lalu merekomendasikan cara menjaga kebersihan mulut yang baik untuk menyembuhkan BHT sang pria.

"Pasien dan perawat diberikan saran cara membersihkan mulut yang baik dan benar. Hasilnya warna lidah kembali normal setelah 20 hari," tulis tim dokter seperti dikutip dari JAMA Dermatology, Sabtu (12/3/2022).



Simak Video "Ini Ternyata Tanda-tanda Stroke"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT