ADVERTISEMENT

Kamis, 10 Mar 2022 07:15 WIB

Edan! Dokter di Inggris Beneran 'Ukir' Namanya di Hati Pasien

Suci Risanti Rahmadania - detikHealth
ilustrasi operasi Ilustrasi bedah (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Simon Bramhall, dokter spesialis bedah asal Birmingham, Inggris, literally mengukir namanya di hati pasien. ia melakukan tindakan gila lantaran mencantumkan inisial nama ke hati dua pasien yang ia operasi dengan laser.

Pada tahun 2013 lalu, Simon diketahui menggunakan laser argon untuk membakar permukaan hati pasien dan mengukir namanya. Prosedur operasi laser argon tersebut umumnya dipakai untuk menghentikan pendarahan.

Tindakannya yang nyeleneh itu berhasil diketahui oleh dokter bedah lain usai menemukan inisialnya. Pasalnya, hati pasien yang sudah rusak tersebut kesulitan untuk pulih sehingga inisial nama Simon masih terlihat jelas.

Namun, apabila kondisi hati pasien tersebut dalam keadaan normal, inisial Simon akan hilang dengan sendirinya dalam beberapa waktu.

Meski disebut tak membahayakan kesehatan pasien, Simon tetap diadili lantaran menyalahi aturan. Ia pun dilaporkan ke rumah sakit Queen Elizabeth, Birmingham, Inggris, tempat ia bekerja dan dipecat.

"Aksinya dilakukan tanpa memikirkan perasaan pasien yang sedang tidak sadarkan diri," kata jaksa penuntut dalam sidang Simon seperti dikutip BBC, Rabu (9/3/2022).



Simak Video "Mengenal Operasi Bariatrik yang Dilakukan Melly Goeslaw"
[Gambas:Video 20detik]
(suc/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT