Sabtu, 12 Mar 2022 21:30 WIB

Langka! Anak Ini Punya 2 Penis yang Berfungsi Sempurna Sejak Lahir

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
ilustrasi ereksi Seorang anak lahir dengan kondisi langka, yaitu memiliki dua penis. (Foto ilustrasi: iStock)
Jakarta -

Seorang bayi laki-laki yang tidak disebutkan namanya asal Uzbekistan memiliki kondisi tubuh yang langka. Ia dilahirkan dengan dua penis sempurna yang bisa berfungsi dengan baik.

Dokter mengatakan anak berusia 7 tahun tersebut merupakan satu dari enam juta anak yang lahir dengan kecacatan langka. Hanya ada 100 kasus yang bisa dijelaskan di literatur dalam 400 tahun.

Dalam sebuah jurnal medis, para dokter menjelaskan anak laki-laki tersebut awalnya dirujuk ke klinik mereka dengan kondisi alat kelamin yang abnormal.

"Pada pemeriksaan fisik awal mengidentifikasi dua penis itu berkembang sempurna dengan kulit batang yang sama," tulis dokter dalam jurnal yang dikutip dari The Sun, Sabtu (12/3/2022).

Para dokter mengatakan anak tersebut bisa buang air kecil melalui kedua penisnya. Artinya, anak itu memiliki dua uretra yang terpisah.

Dari hasil pemeriksaan, dokter mengungkapkan kedua penis anak itu memiliki jaringan ereksi. Tetapi, mereka tidak melaporkan apakah keduanya bisa ereksi dengan baik atau tidak.

Secara medis, anak itu mengalami kondisi yang disebut diphallia. Kondisi itu dapat menyebabkan masalah pada testis, pencernaan, dan saluran kemih. Diketahui juga ternyata anak ini dilahirkan tanpa anus, tetapi hal itu sudah diatasi sejak dirinya lahir.

Menjalani operasi

Selama operasi, penis kiri anak itu dikeluarkan dengan hati-hati dan aliran urinenya harus diarahkan ke sisi kanan saja. Setelah itu, kateter dipasang selama 21 hari setelah bocah itu pulih di rumah sakit.

Setelah dua bulan pasca operasi, bocah itu sudah mulai pulih. Ia juga bisa menggunakan toilet seperti biasanya.

"Meskipun anomali diketahui dari abad XVII [17], hanya ada lebih dari 100 kasus (penis ganda) yang dilaporkan sejauh ini," kata penulis studi Saidanvar Agzamkhodjayev beserta rekan-rekannya.



Simak Video "Vaginismus Bisa Jadi Pemicu 'Pasangan Gancet'"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/fds)