Minggu, 22 Mei 2022 13:19 WIB

Alat Swab Nggak Sengaja Tertelan, Wanita Ini Harus Jalani Operasi

Firdaus Anwar - detikHealth
Ilustrasi Tes Swab Foto ilustrasi: Mindra Purnomo
Jakarta -

Seorang wanita asal Inggris bernama Bobby Lee menceritakan pengalamannya menggunakan alat tes COVID-19 mandiri. Ia tak sengaja menelan colokan swab, sampai akhirnya harus dioperasi.

Bobby mengaku awalnya sedang merasa tidak enak badan sehingga ia berinisiatif untuk melakukan cek COVID-19. Di Inggris warga memang bisa menggunakan alat tes swab mandiri.

Hanya saja saat menggunakan swab di mulut, terjadi respons muntah yang membuat alat malah tertelan.

"Ketika saya menyeka bagian belakang tenggorokan, saya seperti tersedak. Colokan swabnya tertancap di mulut dan tersangkut di bagian belakang tenggorokan. Jadi alat sudah masuk tenggorokan, sementara ujungnya menempel di langit-langit mulut bagian belakang," kata Bobby seperti dikutip dari Daily Mirror, Minggu (22/5/2022).

"Saya mencoba menelan dan terasa alatnya sedikit turun. Tapi cuma setengahnya, Anda masih bisa melihat ujung alat menyembul di keluar dari tenggorokan," lanjutnya.

Karena panik Bobby langsung bergegas mencari bantuan medis di rumah sakit. Sepanjang perjalanan ia mengaku sempat merasa kesulitan bernapas karena terhambat oleh alat swab.

Di rumah sakit akhirnya tim medis melakukan operasi kecil darurat. Dengan kamera tampak alat tes swab tampak sudah masuk lambung dan mendekati usus.

"Jadi alatnya dikeluarkan dari mulut juga. Misalnya sampai ke usus mungkin bisa membuat sobek," pungkas Bobby.



Simak Video "200 Kasus Covid-19 'Ganas' di Beijing Teridentifikasi"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)