Anak Laki-laki di Brasil Terlahir Dengan Kondisi Penis Ganda

ADVERTISEMENT

Anak Laki-laki di Brasil Terlahir Dengan Kondisi Penis Ganda

Afif Ahmad Rifai - detikHealth
Sabtu, 04 Jun 2022 13:14 WIB
Banana peeled
Foto: iStock
Jakarta -

Seorang anak laki-laki asal Brasil dilaporkan terlahir dengan dua buah penis. Kondisi ini dinamakan dengan diphallia yang diperkirakan hanya dimiliki oleh 100 pria di dunia, menurut keterangan dokter di Sao Paulo.

Kondisi itu mengharuskan dokter untuk mengangkat salah satu penis anak tersebut. Dokter sepakat untuk mengangkat penis yang ukurannya lebih besar.

Kedua penis tersebut meskipun memiliki ukuran yang berbeda, namun berfungsi selayaknya penis pada umumnya. Sang ibu mengatakan bahwa kedua penis anaknya dapat ereksi sebagai mestinya.

Dikutip dari New York Post, pemeriksaan lebih lanjut menemukan bahwa setiap penis hanya memiliki satu dari dua corpora cavernosa (kolom jaringan spons yang terisi darah, sehingga menyebabkan penis tersebut dapat mengeras).

Petugas medis menemukan bahwa anak laki-laki itu hanya bisa buang air kecil dari penis yang berukuran lebih kecil. Uretra di penis yang lebih besar terlalu sempit untuk dilewati urin.

"Kami melakukan meatotomi di penis kiri untuk memasukkan sistoskopi dan mengkonfirmasi uretranya buntu. Kami memutuskan untuk mengangkat penis ini," kata tim dokter dalam laporan yang dipublikasikan di jurnal Pediatric Urology.

Dokter mengambil tindakan untuk lebih mementingkan fungsionalitas penis, bukan ukuran. Namun, pihak dokter tidak dapat menjelaskan seberapa mampu anak tersebut dapat ereksi di masa depan, mengingat hanya tersisa satu ruang ereksi di penis anak tersebut.

Dikutip dari Medical News Today, sejauh ini sebetulnya tidak ada laporan yang mengatakan bahwa pria dengan penis ganda tidak dapat memiliki kehidupan seks dan anak normal.

Namun, memang cenderung ada risiko disfungsi ginjal dan sistem kolorektal yang tinggi. Sehingga operasi pengangkatan salah satu dari kedua penis dianggap sebagai pilihan yang tepat.



Simak Video "Permintaan Maaf Nakes yang Live TikTok Saat Pasien Lahiran"
[Gambas:Video 20detik]
(fds/fds)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT