Geger Kencing Nanah Langka Diidap Pria yang Seks dengan PSK

ADVERTISEMENT

Geger Kencing Nanah Langka Diidap Pria yang Seks dengan PSK

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Sabtu, 25 Jun 2022 11:34 WIB
Banana as a symbol of male penis in hand on a yellow background hidden by censorship. Sexual masturbation and orgasm, impotence problem. Self-pleasure concept.
Foto: Getty Images/iStockphoto/Andrii Zastrozhnov
Jakarta -

Seorang pria Austria terinfeksi kencing nanah usai melakukan seks tak aman saat liburan ke Kamboja. Jenis kencing nanah atau gonore yang diidap pria tersebut juga tergolong langka.

Dalam laporan disebutkan pria berusia 50-an tahun itu mengidap super gonore, jenis kencing nanah yang tak mempan jika diobati dengan antivirus atau antibiotik biasa. Istilah "super gonore" mengacu pada serangga yang memiliki tingkat resistensi tinggi terhadap perawatan yang direkomendasikan.

Dilaporkan Insider, pria itu melakukan hubungan seks tanpa kondom dengan seorang pekerja seks wanita di Kamboja pada bulan April. Lima hari kemudian, dia mengalami rasa sakit saat buang air kecil dan keluar cairan dari penisnya.

Hasil swab menunjukkan strain yang diidapnya sangat resisten terhadap azitromisin yakni salah satu antibiotik pertama yang digunakan untuk mengobati gonore, dan resisten terhadap antibiotik lain, termasuk ceftriaxone, cefixime, cefotaxime, ciprofloxacin, dan tetrasiklin.

Diketahui, pria tersebut terinfeksi jenis gonore yang resisten yang dikenal sebagai 'WHO Q'. Sebelumnya, jenis gonore ini dikaitkan dengan tiga kasus gonore pada tahun 2018 yang terjadi di Asia Tenggara.

Hingga kini wanita PSK di Kamboja yang berhubungan seks dengan pria tersebut masih belum terlacak.



Simak Video "Cegah Cacar Monyet, WHO Minta Masyarakat Hindari Seks Bebas"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT