ADVERTISEMENT

Kamis, 21 Jul 2022 23:00 WIB

Awalnya Herpes, Tak Disangka Punggung Wanita Ini Hampir Hancur 'Dimakan' Bakteri

Mochammad Fajar Nur - detikHealth
ilustrasi nyeri punggung Foto ilustrasi: thinkstock
Jakarta -

Rumah Sakit Universitas Balikesir Turki melaporkan kasus seorang wanita yang harus menjalani operasi darurat pengangkatan jaringan dan kulit mati di punggung. Pasalnya, wanita ini terkena infeksi bakteri langka yang disebut bakteri pemakan daging dan menggerogoti sebagian besar punggungnya.

Wanita berusia 59 tahun ini pada mulanya pergi ke dokter akibat infeksi herpes zoster yang menyebabkan kulit di punggungnya mengalami luka melepuh dan ruam. Namun, masalah menjadi semakin serius ketika ruam di punggung menyebar hingga ke bagian tengah dan ini merupakan kondisi yang jarang terjadi pada pasien herpes zoster.

Dikutip dari Insider, Kamis (21/7/2022), wanita ini sebelumnya mengidap obesitas dan penderita diabetes. Kondisi ini menurut data Diabetes Research and Clinical Practice, bisa menyebabkan herpes zoster semakin parah atau semakin lama penyembuhan.

Setelah dirawat hampir 20 hari, kondisinya malah semakin parah. Ruam di punggung menjadi membengkak, tidak bisa disentuh, dan terlihat membusuk.

Dokter mendiagnosis wanita itu dengan necrotizing fasciitis atau infeksi bakteri pemakan daging dan langsung membawanya ke ruang operasi untuk mengangkat kulit dan jaringan mati.

Pengujian laboratorium mengkonfirmasi adanya bakteri streptococcus pyogenes pada jaringan punggung yang telah diangkat dari wanita tersebut. Bakteri ini dapat menyebabkan necrotizing fasciitis yang bisa mengancam jiwa.

Dikutip dari Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) Amerika Serikat, necrotizing fasciitis atau infeksi bakteri pemakan daging sebetulnya tidak benar-benar memakan daging atau otot manusia. Namun, menyebabkan kerusakan jaringan otot dan sekitarnya, termasuk kulit, lemak di bawah kulit, dan jaringan tipis yang membungkus organ atau otot (fascia).



Simak Video "Infeksi HPV Berisiko Menyebabkan Kanker Penis"
[Gambas:Video 20detik]
(mfn/naf)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT