ADVERTISEMENT

Jumat, 12 Agu 2022 18:56 WIB

Cerita Pasien Sembuh Cacar Monyet, Ini Gejala Aneh yang Dirasakan

Khadijah Nur Azizah - detikHealth
Monkeypox  positive blood tube and world pandemic map Gejala cacar monyet (Foto: Getty Images/iStockphoto/turk_stock_photographer)
Jakarta -

Jeffrey Todd mendapati adanya benjolan aneh di pipinya. Awalnya, ia mengira benjolan itu hanya jerawat biasa namun dalam beberapa hari setelahnya muncul ruam aneh di sekitarnya.

Tak lama setelah itu, Todd melihat benjolan serupa di lengan dan punggungnya. Bersamaan dengan itu, ia mengalami gejala nyeri yang parah di punggung dan kakinya.

Namun ketika ia ke rumah sakit, dokter malah salah mendiagnosanya. Todd diberikan sejumlah obat yang salah saat terinfeksi cacar monyet.

"Dokter berulang kali salah mendiagnosisku," kata Todd kepada CBN News.

Walau dokter awalnya curiga bahwa dirinya menderita cacar monyet, Todd tidak langsung mendapat pengobatan yang tepat. Dia baru mendapat hasil tes sampel setelah 9 hari, waktunya lama karena sempat salah penanganan.

Wabah cacar monyet ini tidak terlihat persis seperti yang didefinisikan dalam buku kedokteran, sehingga dokter salah mengira ruam penyakit ini sebagai kondisi lain.

Dokter menduga gejalanya disebabkan oleh infeksi bakteri staphylococcus dan memberinya antibiotik. Namun obat tersebut justru memperburuk keadaannya.

Akhirnya Todd mendapat persetujuan untuk menggunakan obat antivirus disebut TPOXX pada 9 hari setelah pertama kali memeriksakan dirinya. Kondisinya pun berangsur membaik setelah itu.



Simak Video "3 Fase yang Dialami Pasien Terinfeksi Cacar Monyet"
[Gambas:Video 20detik]
(kna/up)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT