Ngeri, Wanita Ini Kehilangan Bola Mata gegara Mandi Sambil Tetap Pakai Softlens

ADVERTISEMENT

Ngeri, Wanita Ini Kehilangan Bola Mata gegara Mandi Sambil Tetap Pakai Softlens

Alethea Pricila - detikHealth
Minggu, 16 Okt 2022 19:03 WIB
Contact lens on fingers
Foto: Thinkstock
Jakarta -

Marie Mason (54) mengalami kebutaan gegara sering menggunakan softlens saat mandi. Imbas kebiasaanya, terdapat amuba berbahaya dalam lensanya dan mulai 'menggerogoti' mata kirinya.

Wanita asal Inggris ini mengaku sejak 2015 ia merasa ada tersangkut secara permanen di kornea mata kiri. Sejak itu, kondisi penglihatan memburuk.

"Cukup sulit berjalan di jalan raya ketika ada orang yang secara tiba-tiba lewat depan Anda yang membuat Anda kaget karena Anda tidak bisa melihatnya dengan jelas," kata Mason dikutip dari New York Post, Minggu (16/10/2022).

Setelah merasa terganggu karena kondisi mata itu, Mason memutuskan untuk ke dokter mata. Di sana dokter menemukan matanya telah 'digrogoti' Acanthamoeba Keratitis, mikroorganisme langka namun menular yang dapat menyebabkan penderita kehilangan penglihatan.

Segala cara pengobatan dokter ia lalu mulai dari obat-obatan hingga operasi dan matanya tidak kunjung membaik. Wanita tersebut akhirnya memutuskan untuk melakukan pengangkatan mata kirinya itu.

Hidup hanya dengan satu mata membuatnya kesulitan melakukan aktivitas sehari-hari. Ia bahkan kehilangan pekerjaannya.

Kejadian ini bukan pertama kali terjadi. Sebelumnya, pada 2019 lalu seorang wanita Inggris (41) mengalami kebutaan karena menggunakan lensa kontak saat berenang dan mandi.

"Kenakan lensa kontak, itu baik-baik saja, tetapi Anda harus berhati-hati. Saya hanya ingin produsen memberi lebih banyak peringatan pada kemasan tentang air dan lensa kontak. Saya hanya tidak ingin orang lain benar-benar mengalaminya," pesannya.



Simak Video "Tips Menjaga Kesehatan Mata Agar Tak Cepat Lelah"
[Gambas:Video 20detik]
(Alethea Pricila/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT