Cerita Wanita yang Idap Kondisi Interseks, Punya Vagina dan Testis

ADVERTISEMENT

Cerita Wanita yang Idap Kondisi Interseks, Punya Vagina dan Testis

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Kamis, 01 Des 2022 21:00 WIB
Blume
Blume, wanita yang mengidap interseks. (Foto: Dok. Instagram/@blumekind_)
Jakarta -

Seorang wanita di Melbourne, Australia, menceritakan tentang identitas dirinya yang bisa dikatakan tidak biasa. Secara fisik, wanita bernama Blume ini terlihat seperti wanita pada umumnya.

Blume yang memiliki wajah cantik itu pun menjalani hidupnya sebagai wanita biasa hingga usianya 16 tahun. Sampai akhirnya ia mulai menyadari kejanggalan yang terjadi pada dirinya.

"Saya lahir dengan kondisi yang disebut sindrom ketidakpekaan androgen. Pada dasarnya, saya memiliki kromosom XY dan saya bisa tumbuh sebagai laki-laki. Tetapi, tubuh saya tidak merespons androgen," jelas Blume yang dikutip dari New York Post, Kamis (1/12/2022).

"Jadi, pada dasarnya penampilan saya seperti wanita pada umumnya. Dan setelah saya mencapai usia yang seharusnya saya alami pubertas, saya menemukan bahwa saya tidak memiliki sistem reproduksi wanita," sambungnya.

Dikutip dari Daily Star, Blume juga dilahirkan dengan memiliki vagina dan testis. Meski menyadari kondisi langkanya itu, Blume mengaku belum menjalani operasi apapun untuk menghilangkan testisnya.

Blume mengatakan testis yang dimilikinya tidak terlalu mengganggunya. Namun, ia dilahirkan dengan bentuk vagina yang tidak sempurna, sehingga membuatnya kesulitan untuk berhubungan seks.

Hal ini membuatnya memutuskan untuk berkonsultasi ke dokter. Sampai akhirnya, dokter merekomendasikan untuk melakukan operasi yang disebut 'dilation' atau 'pelebaran' untuk meregangkan vagina.

"Saya menjalankan prosedur itu, dan rasanya tidak nyaman. Tetapi saya berhasil melewatinya dan pada akhirnya baik-baik saja," tutur Blume.

Interseks adalah kondisi di mana seseorang terlahir dengan dua jenis kelamin berbeda. Diperkirakan sekitar 1 dari 1.000 anak baru lahir mengalami kondisi ini.

Kondisi interseks biasanya baru disadari ketika seseorang beranjak remaja dan memasuki masa pubertas. Interseks sendiri bukan penyakit, namun kondisi variasi biologis yang ditangani dengan operasi.



Simak Video "Mengenal Kelainan Kelamin Ganda"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT