Ngeri! Kandung Kemih Pria Ini Pecah gegara Herpes Zoster, Begini Kejadiannya

ADVERTISEMENT

Ngeri! Kandung Kemih Pria Ini Pecah gegara Herpes Zoster, Begini Kejadiannya

Alethea Pricila - detikHealth
Jumat, 02 Des 2022 18:21 WIB
Herpes
Kandung kemih pecah gegara herpes (Foto: thinkstock)
Jakarta -

Seorang pria berusia 77 tahun dilaporkan mengalami infeksi herpes zoster di sekitar pangkal tulang belakangnya. Ia menderita komplikasi yang tidak biasa yakni kandung kemih pecah.

Sebuah laporan yang diterbitkan dalam jurnal Infeksi dan Ketahanan Obat yang dikutip dari Live Science menyebutkan bahwa seminggu sebelum dilarikan ke Unit Gawat Darurat (UGD), pria itu telah menggunakan obat antivirus dan pereda nyeri untuk herpes zosternya.

Empat hari sebelum masuk ke rumah sakit, pasien mengaku mengalami kesulitan buang air kecil. Ketika diperiksa, dokter menemukan perutnya dalam kondisi buncit dan nyeri terutama di daerah bawah perutnya. Tak hanya itu, detak jantung, tekanan darah, dan laju pernapasannya juga sangat tinggi.

Setelah dilakukan pemeriksaan lebih lanjut melalui CT Scan ditemukan ada cairan di perut dan pinggulnya. Dokter mencurigai, kandung kemih pria tersebut sudah pecah. Dokter kemudian memasang kateter dan urine mengeluarkan darah. Setelah urine sudah dikeluarkan, dokter kemudian meneliti dan menemukan kandung kemih pasien robek atau pecah sepanjang 2 cm.

Dokter kemudian melakukan operasi untuk memperbaiki kandung kemih pria tersebut dan kemudian dilakukan pengobatan herpes zoster.

"Pasien mendapatkan kembali fungsi kandung kemih sepenuhnya setelah menjalani operasi untuk memperbaiki kandung kemih dan pengobatan dengan obat antivirus," ucap salah satu dokter yang menanganinya, dikutip dari Live Science Jumat (2/12/2022).

Herpes zoster merupakan suatu penyakit yang disebabkan oleh virus varicella-zoster, yakni patogen penyebab cacar air. Namun setelah infeksi cacar air, virus menjadi tidak aktif dan bersembunyi di saraf tertentu. Virus itu dapat aktif kembali sehingga menyebabkan herpes zoster, memunculkan ruam yang menyakitkan dari lepuh berisi cairan.



Simak Video "Perjuangan Bocah Sulsel Lawan Penyakit Langka Sejak Lahir"
[Gambas:Video 20detik]
(vyp/vyp)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT