Pria Ini Meninggal usai Jalani Transplantasi Rambut, Kok Bisa?

ADVERTISEMENT

Pria Ini Meninggal usai Jalani Transplantasi Rambut, Kok Bisa?

Sarah Oktaviani Alam - detikHealth
Rabu, 07 Des 2022 21:30 WIB
Tanpa Transplantasi Rambut, 5 Bahan Makanan Ini Bisa Atasi Kebotakan
Ilustrasi transplantasi rambut. (Foto: iStock)
Jakarta -

Seorang pria di India meninggal dunia usai melakukan prosedur transplantasi rambut. Pria bernama Athar Rasheed ini bersedia menjalani prosedur tersebut setelah menerima tawaran harga yang lebih murah pada tahun lalu.

Ibu Athar, Asiya Begum (62), mengatakan putranya itu sangat antusias untuk melakukan transplantasi rambut. Menurut Athar, hal ini bisa meningkatkan kepercayaan dirinya dan menjadi lebih populer di seluruh dunia.

Naasnya, prosedur itu menyiksa Athar secara perlahan dan menyebabkannya meninggal dunia. Pria 30 tahun tersebut mengalami sepsis dan komplikasi usai menjalani transplantasi rambut.

"Putra saya meninggal dengan kematian yang sangat menyakitkan. Ginjalnya berhenti berfungsi dan kemudian mengalami gagal pada beberapa organnya, serta kepalanya membengkak," kata Asiya yang dikutip dari Mirror UK, Selasa (6/12/2022).

"Saya kehilangan anak laki-laki saya, tetapi saya tidak ingin ibu lain kehilangan anak mereka karena praktik penipuan yang dilakukan beberapa oknum ini," sambung dia.

Selama konferensi pers, Asiya menunjukkan foto-foto putranya yang membengkak. Selain itu, ada beberapa ruam hitam yang menyebar di seluruh tubuhnya.

Seorang dokter sekaligus sekretaris dari Asosiasi Ahli Bedah Restorasi Rambut India di sebuah klinik di New Delhi, Dr Mayank Singh, mengatakan ini kemungkinan dilakukan oleh 'cowboy clinic'. Itu merupakan sebutan untuk klinik yang dengan berani melakukan tindakan medis tanpa adanya pedoman atau bertindak sendiri.

Menurutnya, hal ini memberikan dampak yang buruk pada industri tersebut. Sebab, prosedur transplantasi rambut membutuhkan kehati-hatian dan durasi yang cukup lama.

"Orang-orang beranggapan bahwa ini adalah prosedur kecil, sedangkan durasi operasi cukup lama, sekitar enam sampai delapan jam. Banyak anestesi lokal harus diberikan dari waktu ke waktu," jelas Dr Mayank Singh.

Hingga saat ini, masih belum diungkap berapa harga yang dibayarkan Athar untuk melakukan operasi yang dilakukan di sebuah klinik tersebut. Atas laporan ini, polisi mengamankan empat orang, termasuk dua orang yang melakukan prosedur transplantasi rambut pada Athar.



Simak Video "Ini Saran dan Pantangan untuk Pasien Implan Rambut"
[Gambas:Video 20detik]
(sao/kna)

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT