Viral Transformasi Wanita Anoreksia, Sempat Cuma Punya BB 15 Kg

ADVERTISEMENT

Viral Transformasi Wanita Anoreksia, Sempat Cuma Punya BB 15 Kg

Hana Nushratu - detikHealth
Rabu, 04 Jan 2023 07:00 WIB
Wanita idap anoreksia
Viral transformasi wanita anoreksia. (Foto: Twitter @PixieStrmDesign)
Jakarta -

Viral kisah wanita di South Carolina, Amerika Serikat (AS) yang mengidap gangguan makan sejak berusia 13 tahun. Kondisi tersebut membuat berat badannya hanya 15 kg.

Lora Marsh (27) mengatakan anoreksia yang diidapnya membuatnya sekarat dan berada di ambang kematian. Bahkan, ia sempat memberikan surat wasiatnya kepada sang ibu jika ia meninggal dunia.

"Tubuh saya mati sendiri," kata Marsh dikutip dari Newsweek.

"Saya menyadari bahwa saya membutuhkan bantuan jika saya akan hidup ketika saya melihat hidup saya berantakan di depan mata saya."

10 bulan setelah dirinya dirawat di ICU, Marsh menunjukkan pemulihan yang sangat signifikan. Sekarang, dia sudah sehat dan sukses menjalankan bisnis seninya di Pixie Storm Studios.

9 Desember lalu, Marsh mengunggah fotonya di Twitter dan berujung viral. Hingga Selasa (3/1/2022), cuitan tersebut mendapatkan 113 ribu likes dan 1.047 komentar.

Sekilas Tentang Gangguan Makan

Menurut National Association of Anorexia Nervosa and Associated Disorders (ANAD), sebanyak 28,8 juta atau 9 persen populasi AS berjuang melawan gangguan makan sepanjang hidup mereka.

Sekitar 10.200 kematian terkait gangguan makan terjadi setiap tahun. Angka tersebut berarti terdapat satu kematian setiap 52 menit.

Anoreksia nervosa (anoreksia) biasanya ditandai dengan berat badan yang sangat rendah (walaupun tidak selalu demikian), rasa takut yang berlebihan terhadap kenaikan berat badan, dan persepsi yang miring terhadap berat badan dan penampilan.

Pengidap anoreksia sering disibukkan dengan ukuran dan bentuk tubuhnya, membatasi asupan makanannya dan sering berolahraga dalam jumlah yang tidak sehat.

Tidak peduli berapa berat badan yang mereka turunkan, penderita anoreksia masih takut mengalami kenaikan berat badan. Ketakutan ini dapat mengambil alih hidup mereka, memengaruhi hubungan dan karier, serta kesehatan penderita.

Pengidap anoreksia biasanya kesulitan untuk bergabung di acara-acara besar seperti Thanksgiving.

Selain anoreksia, Marsh juga didiagnosis menderita bulimia. Orang dengan kondisi ini biasanya makan berlebihan, biasanya diam-diam, dan kemudian muntah sebagai tanggapan.

Bulimia seringkali dikaitkan dengan muntah setelah makan (purging). Akan tetapi, mengonsumsi pil diet atau obat pencahar juga bisa dikategorikan sebagai purging bagi pengidap bulimia.

Gangguan makan dapat berkembang pada usia berapa pun, tetapi biasanya dimulai pada masa remaja seseorang. Namun, ada kasus yang diidentifikasi pada anak-anak berusia 10 tahun.

NEXT: Apa yang Memicu Gangguan Makan?

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT

ADVERTISEMENT